Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 15 Jan 2019 13:30 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Menikmati Musim Dingin di Jepang yang Ramah Muslim

Lubna Pramestri
d'travelers
Foto 1 dari 5
Tepi Danau Kawaguchi
Tepi Danau Kawaguchi
detikTravel Community - Musim dingin di Jepang menjadi daya tarik untuk wisatawan. Bagi traveler muslim, tidak usah khawatir. Fasilitas salat dan makanan halal mudah diperoleh.

Musim dingin di Jepang atau yang kerap disebut sebagai 'Negeri Sakura' memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan asing. Khususnya mereka yang tinggal di negara yang terletak di benua Asia tetapi tidak memiliki 4 musim untuk merasakan salju dan sensasi udara pada musim dingin.

Salah satu wisatawan yang berbondong-bondong datang pada musim dingin adalah wisatawan Indonesia, seperti saya dan keluarga. Sebagai seorang traveler muslim dari Indonesia tentu saja banyak kekhawatiran saat ingin berkunjung ke negara yang kelompok agama muslimnya merupakan minoritas. Mulai dari makanan dan restoran halal, tempat beribadah serta kawasan yang ramah muslim tentu dipertimbangkan.

Namun, saat ini Jepang sudah pantas disebut sebagai negara yang muslim-friendly atau ramah muslim, karena semua kekhawatiran saya hilang setelah berkunjung ke Tokyo. Liburan kali ini menjadi sangat berkesan karena saya bisa menikmati musim dingin di Tokyo dan bermain salju di Gunung Fuji, sehingga dapat lebih mensyukuri beragam keindahan alam untuk mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa serta tetap mendapat kemudahan beribadah salat meskipun muslim merupakan kelompok agama minoritas di Jepang.

Menikmati suasana Tokyo di musim dingin

Kurang lengkap rasanya bila berlibur ke Jepang tetapi tidak mengunjungi Tokyo, Ibukota Jepang. Tokyo adalah kota yang saya pilih sebagai destinasi liburan saya dan keluarga kali ini.Dipadati dengan gedung-gedung tinggi, lampu-lampu neon yang terang pada malam hari, pusat perbelanjaan dan jalanan yang ramai, saya menikmati menyusuri jalanan di kota ditambah merasakan sensasi udara dingin yang dapat mencapai 2 derajat Celsius saat malam tiba.

Suasana kota metropolitan sangat dirasakan ketika menaiki transportasi umum seperti kereta Tokyo Metro atau sekedar menyeberangi jalan raya. Meskipun begitu Kota Tokyo sangat aman dan nyaman. Ramah untuk pejalan kaki juga kepada turis, sehingga kami dengan leluasa dapat menjelajahi kota untuk berbelanja dan mengunjungi landmark yang ada di Tokyo seperti Shibuya Crossing dan Patung Hachiko yang menjadi destinasi wajib untuk para wisatawan.

Anda juga wajib berkunjung ke daerah lainnya seperti Ginza, Shinjuku, Harajuku, Omotesando karena di area ini Anda dapat melakukan wisata belanja, berfoto-foto, menikmati kuliner khas Jepang, melihat atraksi dan hiburan, mempelajari budaya Jepang, dan kegiatan menarik lainnya.

Rasanya jika hanya singgah sebentar di kota ini kurang cukup, saran saya sebaiknya Anda merencanakan rencana perjalanan dengan baik untuk mendapatkan pengalaman penuh dari kota ini.

Main salju di Gunung Fuji

Ingin bermain salju? Gunung Fuji bisa menjadi pilihan Anda. Saya dan keluarga menyewa mini bus khusus untuk bermain salju di Ski Resort yang ada di daerah Perfektur Yamanashi di area Gunung Fuji. Karena ini merupakan kali pertama saya melihat salju, saya sangat bersemangat untuk pergi.

Sebaiknya Anda berangkat lebih awal untuk dapat puas bermain salju, ski, dan menjelajahi semua yang ditawarkan di area ini. Restoran, taman hiburan, pusat perbelanjaan, wisata alam tersebar luas di area ini dan kota-kota terdekat seperti Gotenba.

Walaupun terik, kehangatan matahari terasa palsu karena udara di Ski Resortsangat dingin, bahkan saya memakai tiga lapis pakaian dan masih merasa kedinginan.  Bagi Anda yang menyukai adrenalin, bermain ski di resor ini bisa menjadi kesempatan menarik.

Tetapi bagi Anda yang hanya ingin bermain salju, berfoto-foto, dan menikmati pemandangan hamparan putih dan bukit-bukit bersalju, Anda cukup memasuki Ski Resort dan bermain salju di area sekitar.

Menikmati keindahan alam di Danau Kawaguchi

Setelah asyik bermain salju saya dan keluarga lanjut menjelajahi kawasan Gunung Fuji. Salah satu yang wajib dikunjungi di area ini adalah Danau Kawaguchi. Keindahan alam terpampang nyata di hadapan saya.

Anda dapat duduk di cafe yang terletak di tepi Danau Kawaguchi dan menatap keindahan Gunung Fuji yang terlihat jelas, menariknya mereka menyediakan soft ice cream sebagai menu andalan.

Sembari menikmati es krim lembut dengan udara dingin yang ternyata merupakan perpaduan yang menarik, saya menikmati pemandangan yang tiada tara. Lukisan Tuhan yang sangat indah, air yang tenang, gunung Fuji yang terpampang jelas di hadapan saya membuat saya terharu akan kebesaran Tuhan yang telah menciptakan langit dan bumi beserta isinya.

Tempat salat tersebar di Jepang

Di tengah hiruk-pikuk kota Tokyo, saya tetap mudah beribadah salat. Setiap notifikasi azan berdering, saya dengan mudah menemukan tempat beribadah khususnya di daerah-daerah yang ramai turis. Search engine di internet dapat membantu turis muslim untuk dapat menemukan mushola ataupun masjid yang tersebar di Tokyo dan kota besar lainnya di Jepang.

Beberapa masjid besar di Tokyo dapat Anda kunjungi untuk melakukan ibadah salat Jumat dan beberapa musala dan prayer room dapat Anda temukan di kota-kota besar yang menjadi destinasi wisata seperti prayer room yang ada di salah satu pusat perbelanjaan yang terletak di daerah Shinjuku.

Umumnya prayer room dapat digunakan oleh seluruh umat beragama yang ingin beribadah, maka yang ingin beribadah salat dapat menggunakan ruangan ini. Ruang ibadah dan masjid yang ada di Jepang umumnya sangat bersih dan terbuka untuk umum.

Salah satu yang berkesan bagi saya adalah prayer room yang berada di Bandar Udara Internasional Narita. Karena selagi menunggu pesawat untuk jam keberangkatan, kami tetap dapat beribadah dengan nyaman. Terdapat di setiap terminal, saya berkesempatan untuk mengunjungi salah satunya yang terletak di Terminal 2 setelah pemeriksaan paspor.

Ruang yang terletak di lantai 1 bangunan utama dapat digunakan oleh semua orang yang ingin beribadah tidak hanya untuk agama Islam. Ruangan yang bersih, sederhana, dilengkapi dengan arah kiblat dan lantai yang di lapisi karpet membuat kesan yang nyaman, terdapat bilik kecil di sudut ruangan dengan keran untuk berwudu.

Mudah mencari makanan halal di Jepang

Hal pertama yang membuat saya memilih Jepang sebagai destinasi liburan saya adalah karena kecintaan saya terhadap makanan khas Jepang. Meskipun begitu tidak semua hidangan, makanan ringan, dan minuman di Jepang di proses dan berbahan dasar halal. Maka dari itu, untuk memudahkan saya mengandalkan teknologi zaman now.

Untuk mencari restoran yang halal saya menggunakan search engine di Internet untuk mencari hasil restoran halal yang ada di Tokyo. Selain itu, saya menggunakan aplikasi penerjemah yang ada pada smartphone untuk dapat menerjemahkan bahan-bahan yang ada pada kemasan makanan dan minuman yang tidak memiliki logo halal.

Kemudahan berlibur ke Jepang sebagai muslim sangat terasa saat berkunjung, keramahan dan toleransi beragama yang tinggi pada masyarakat sangat terasa bahkan kepada mereka yang minoritas.

Untuk muslim traveler yang memilih Jepang sebagai destinasi liburan kalian tidak perlu khawatir akan sulit beribadah dan mendapatkan makanan yang halal karena saat ini kota-kota besar di Jepang sudah ramah muslim.

Dengan dukungan teknologi Internet semua informasi untuk memudahkan perjalanan Anda dapat diperoleh dengan sekali klik. Dengan menikmati musim dingin yang tidak ada di Indonesia kita bisa menikmati keindahan alam ciptaan Tuhan untuk lebih mendekatkan diri dan lebih bersyukur kepada Sang Pencipta.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED