Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 25 Jan 2019 17:53 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Bertemu Bung Karno di Palangka Raya

edi muhammad yamin
d'travelers
Foto 1 dari 5
Pilar Pilar Tugu Sukarno
Pilar Pilar Tugu Sukarno
detikTravel Community - Berdirinya Kota Palangka Raya tak lepas dari jasa Presiden Pertama RI, Bung Karno. Di sini kita bisa melihat patung dan tugu peringatan berdirinya kota ini.

Hal pertama yang saya kunjungi saat tiba di Kota Palangkaraya adalah mencari tahu mengenai Lokasi dan akases mengunjungi tugu bersejarah yakni Tugu Sukarno.

Seperti yang kita tahu jika Presiden pertama RI tersebut merupakan salah satu pendiri dan pencetus terbentuknya Kota Palangkaraya sebagai ibu kota provinsi baru yakni Kalimantan Tengah yang sudah lama ingin melepaskan dan memisahkan diri dari Kalimantan Selatan.

Peletakan batu pertama kali atau pendirian pancang tiang pertama yang menandakan telah diresmikanya Kota Palangkaraya sebagai pusat pemerintahan Provinsi Kalimantan Tengah adalah pada tanggal 17 Juli 1957.

Bahkan konon kabarnya pembangunan dan rancangan kota Palangka Raya ini sudah mengadopsi beberapa kota di negara lain setelah kunjungan Presiden Sukarno ke beberapa Negara. Harapanya Palangkaraya bisa menjadi ibu kota baru bagi Indonesia nantinya, menggantikan Jakarta.

Tugu Sukarno yang juga merupakan Tugu Peringatan berdirinya Provinsi Kalimantan Tengah. Tugu ini berada tak jauh dari persimpangan Bundaran Besar Kota Palangka Raya, perkantoran DPRD hingga Jembatan Khayan yang menjadi icon dan kebanggaan warga Palangkaraya atau lebih tepatnya berada di Jalan S Parman, di sebelah sisi Sungai Kahayan yang juga merupakan sungai terbesar di Kalimantan Tengah.

Tugu Sukarno memiliki 17 pancang yang menandakan tanggal berdirinya tugu ini. Ada tiang utama setinggi 6 meter sebagai monumennya. Nah di bawahnya juga tertulis pahatan pembangunan pertama Kota Palangkaraya.

Tugu ini juga sudah dilengkapi dengan taman yang hijau dan asri. Berbagai fasilitas ditaman juga sudah tersedia. Oh ya tepat didepan tugu ini ada sebuah dermaga yang bisa membawa para wisatawan berkeliling menyusuri sungai Khayan menggunakan perahu wisata.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED