Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 26 Jan 2019 18:11 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Sehari Jelajahi Semarang, Bisa ke Mana Saja?

Nfadils
d'travelers
Foto 1 dari 5
Instrumen Orgel peninggalan Belanda yang bisa ditemui di dalam gereja Blenduk
Instrumen Orgel peninggalan Belanda yang bisa ditemui di dalam gereja Blenduk
detikTravel Community - Kamu cuma punya waktu sehari mengeksplorasi Kota Semarang? Ada banyak spot menarik untuk dikunjungi. Ini rekomendasinya:

Bagaimana jika kamu cuma memiliki waktu yang terbatas untuk mengeksplore aneka tempat wisata di Semarang? Simak rekomendasi berdasarkan pengalaman saya dalam menjelajahi aneka tempat seru di Semarang dalam satu hari.

Jika menggunakan penerbangan pertama dari Jakarta jam 05:35 WIB, maka akan tiba di Semarang pada jam 06:55, jika sampai di pagi hari tentu kamu akan memiliki waktu lebih dari cukup untuk menjelajah Semarang.

Gereja Blenduk

Karena sampai di Semarang masih pagi, ada baiknya kamu langsung memulai petualangan di Semarang dari kawasan Kota Tua. Di kota tua terdapat bangunan yang menjadi salah satu ikon kota Semarang, yaitu gereja Blenduk.

Jika sampai terlalu sore, maka kamu akan kehilangan kesempatan untuk masuk dan berfoto di dalam area gereja, sebab selepas jam 15:00 WIB biasanya gereja sudah tidak boleh dimasuki umum.

Gereja yang sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda ini, memiliki instrumen organ tua di dalamnya, yang walaupun sudah tidak berfungsi, namun bentuknya sungguh menarik. Tetap menjaga kesopanan selama berada di dalam gereja ya traveler, sebab ini adalah area ibadah yang sakral.

Toko Oen


Setelah puas menjelajah kota tua, kamu bisa mampir sejenak di restoran yang sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda, yaitu Toko Oen yang terletak di jalan Pemuda. Di Toko Oen terdapat anea kue-kue dan es krim yang lezat.

Semakin terasa nikmat, sebab dinikmati dengan suasana toko yang klasik dengan aneka perabot kuno. Jika ingin makanan berat, aneka masakan di Toko Oen pun juga nikmat seperti aneka pilihan steak yang lezat. Toko Oen di Semarang tidak memiliki keterkaitan dengan Toko Oen yang ada di Malang ya traveler.

Lawang Sewu

Setelah melepas lelah di Toko Oen, saatnya melanjutkan petualanganmu ke Lawang Sewu, karena jalur antara Kota Tua Semarang, Toko Oen dan Lawang Sewu masih dalam satu jalur yang sama. Lawang Sewu saat ini sudah sangat jauh dari kesan yang angker.

Kamu bisa memilih untuk menjelajahi Lawang Sewu sendiri atau ditemani pemandu, yang akan menceritakan sejarah Lawang Sewu, dan pastinya akan membantu kamu untuk mengambil foto di spot terbaik. Namun jika bersama pemandu, akan dikenakan tambahan charge sebesar Rp. 50.000 diluar tiket untuk masuk ke area Lawang Sewu.

Di bagian lantai dasar, terdapat museum yang menceritakan sejarah lengkap Lawang Sewu, serta sejarah perkereta apian di Indonesia. Karena gedung Lawang Sewu sempat menjadi kantor pusat PJKA atau yang sekarang dikenal sebagai PT. Kereta Api Indonesia.

Kampung Pelangi

Selepas puas berkeliling Lawang Sewu, saatnya melanjutkan perjalananmu ke Kampung Pelangi yang letaknya tidak jauh dari Lawang Sewu. Di Kampung Pelangi, kamu bisa puas berfoto dengan latar belakang bangunan yang memiliki warna-warni cerah.

Tidak hanya itu, pada beberapa bagian terdapat spot-spot foto menarik dan mural menarik yang menghiasi kampung pelangi. Kampung Pelangi dulunya hanyalah perumahan warga yang kurang tertata, namun di revitalisasi Pemerintah Kota Semarang sehingga tampak menarik.

Klenteng Sam Poo Kong


Klenteng Sam Poo Kong merupakan salah satu ikon wista Semarang yang cukup terkenal bersama dengan Lawang Sewu. Klenteng peninggalan Laksmana Cheng Ho ini menjadi objek yang tidak boleh dilewatkan wisatawan yang berkunjung ke Semarang.

Klenteng Sam Poo Kong terbagi manjadi empat klenteng yaitu Kelenteng Dewa Bumi, Kelenteng Juru Mudi, Kelenteng Sam Poo Tay Djien, dan Kelenteng Kyai Jangkar.

Jika datang pada malam akhir pekan, biasanya terdapat aneka jajanan dan kuliner menarik yang bisa dinikmati di tengah suasana Klenteng Sam Poo Kong yang megah.

Sebetulnya masih banyak lagi objek menarik yang bisa dikunjungi, belum lagi beragam kuliner lezat khas Semarang yang tak boleh terlewat untuk dinikmati.

Namun dalam waktu yang terbatas, beberapa tempat yang telah saya sebutkan sebelumnya, dapat memuaskan hasrat traveler menjelajah kota Semarang dalam 1 hari.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED