Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 20 Mar 2019 15:20 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Kerinci, Sekepal Tanah Surga di Jambi

Jasmal
d'travelers
Foto 1 dari 5
Pemandangan Bukit khayangan
Pemandangan Bukit khayangan
detikTravel Community - Berada di perbatasan Sumatera Barat dan Jambi, Kerinci punya alam yang cantik untuk dikunjungi. Apakah ini tanah surga yang jatuh ke bumi? Sangat indah.

Kerinci sekepal tanah dari surga julukan ini memang cocok di berikan pada salah satu daerah dataran tinggi Provinsi Jambi ini. Kerinci adalah salah satu kabupaten di provinsi Jambi yang berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatera barat dan Bengkulu.

Selain terkenal dengan tanahnya yang subur di Kerinci juga menyimpan potensi wisata yang wajib anda kunjungi saat berwisata ke Jambi. Salah satu lokasi wisata yang terkenal adalah Gunung kerinci yang memiliki ketingian 3.805 mdpl yang juga dikenal dengan atap Sumatera.

Hanya saja untuk menuju puncak kerinci dibutuhkan stamina dan tekad yang kuat karena akan melewati jalur pendakian yang cukup ekstrim. Tapi jangan berkecil hati masih banyak lokasi wisata dikerinci yang bisa dikunjungi saat melakukan perjalanan santai bahkan dengan keluarga sekalipun.

salah satu lokasi wisata di Kerinci yang cukup terkenal adalah Danau Kerinci yang berada di Desa Sangaran Agung dengan luasan danau sekitar 46 km persegi. Di sini selain bisa menikmati wisata air pengunjung juga bisa menikmati kuliner yang di jual oleh masyarakat di pinggir danau.

Untuk meningkatkan jumlah wisatawan setiap tahun di Danau Kerinci juga di adakan festival danau dengan menampilkan budaya lokal saat pertunjukan. Hanya saja jadwal festival danau harus menyesuaikan dengan agaenda yang dibuat pemerintah daerah. Setelah menikmati  danau, ada baiknya anda berkunjung ke Bukit khayangan yang berada di Kota Sungai Penuh.

Bukit Khayangan adalah lokasi wisata yang berada pada ketinggian 2.000 mdpl dan untuk menuju kesana anda harus melewati jalan yang berliku dan menanjak. Tapi semua rasa letih selama perjalanan akan terbayar sudah saat berada di sini karena berada Anda bisa melihat Danau Kerinci dan hamparan sawah masyarakat jika cuaca cerah puncak kerinci akan terlihat jelas dari sini.

Jika anda melewati jalur darat dari Sumatera Barat saya juga menyarankan anda berkunjung ke lokasi wisata Talun Berasap yang berada pada perbatasan Kerinci dan Sumatera Barat. Tidak sulit untuk menuju lokasi ini pemerintah daerah telah membuat jalan khusus dengan puluhan anak tangga agar pengunjung bisa menikmati wisata alam air terjun dengan ketinggian 50 meter. Debit air yang cukup besar embun yang dihasilkan air terjun membumbung tinggi seperti asap ini lah yang menjadi asal nama air terjun tersebut.

Selain terkenal dengan potensi wisata alam, Kerinci juga kaya akan budaya yang masih dipertahankan secara turun temurun. Salah satu agenda wajib adalah kenduri sko adat yang merupakan ritual pembersihan benda pusaka dan pelantikan pengurus adat. Acara kenduri sko terdapat hampir di setiap wilayah adat Kerinci untuk agenda acara harus sesuai dengan keputusan adat setempat.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED