Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 16 Apr 2019 10:36 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Berkunjung ke Suaka Elang di Bogor yang Jarang Orang Tahu

Imas Siti Masitoh
d'travelers
Foto 1 dari 5
Jalan Menuju Suaka Elang
Jalan Menuju Suaka Elang
detikTravel Community - Di Bogor, ada Suaka Elang Loji yang jarang orang tahu. Berkunjung ke sini saat Libur Pemilu esok, traveler bisa melihat tempat penangkaran elang keren ini.

Suaka Elang Loji lokasinya berada di Desa Ciburayut, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor. Salah satu yang bisa menjadi patokannya, kalau dari arah Batu Tulis Bogor adalah setelah Warso Farm masih terus menuju Cijeruk, Loji.

Perlu waktu sekitar 1-1,5 jam dari arah Batu Tulis, Kota Bogor untuk sampai ke area parkir. Sebelum memasuki wilayah Suaka Elang perjalanan harus dilanjutkan dengan berjalan kaki untuk sampai pada lokasi penjualan tiket masuk kawasan Suaka Elang.

Suaka Elang berada pada kawasan pelestarian alam Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Tidak heran selama perjalanan disuguhi dengan pemandangan hutan tropis yang menyejukan dengan udara yang menyegarkan. Setelah menempuh jalan kaki sekitar 500 meter, akhirnya sampailah pada pintu penjualan tiket masuk.

Tiket masuk sebesar Rp 12.000 per orang per hari untuk yang tidak menginap. Adapun tarif untuk yang berkemah dan menginap akan dikenakan tarif sebesar dua kali lipat dimana harga tiket sudah termasuk biaya asuransi.

Berikut adalah adalah beberapa fasilitas yang bisa dinikmati:

Jembatan gantung dan podium

Area ini bisa dinikmati terutama untuk berfoto dengan pemandangan hutan tropis yang cantik dan Instragrammable. Penggunaan jembatan gantung ini di batasi maksimal untuk 4 orang saja sementara pengunaan podium dibatasi maksimal untuk 30 orang.

Bumi Perkemahan Hutan Pinus


Bumi perkemahan ini bersih dan terawat mengingat setiap pengunjung yang akan berkemah diharuskan mematuhi ketentuan termasuk untuk tidak buang sampah sembarangan dan tidak membuat api unggun. Bumi perkemahan ini dilengkapi dengan toilet dan musholla sehingga cukup nyaman bagi pengunjung.

Pada area ini tidak hanya untuk berkemah, tetapi cukup cantik dan instragammable juga untuk berfoto, bahkan foto pre-wedding. Warna-warni tenda yang digunakan pengunjung yang berkemah menambah semaraknya pemandangan di antara pepohonan hutan pinus.

Curug Cibadak

Curug ini lokasinya 900 meter dari hutan pinus yang dapat ditempuh dengan track yang menanjak, sedikit berbatu dan licin terutama ketika musim hujan. Disarankan harus menggunakan sepatu olah raga atau sepatu khusus naik gunung yang tidak mudah terpeselet.

Diperlukan semangat dan fisik yang kuat untuk bisa sampai pada lokasi air terjun yang bisa ditempuh dengan waktu sekitar 1 jam. Disarankan ketika berkunjung ke air terjun untuk membawa cukup air minum mineral dan membawa permen atau coklat biar tetap segar dan berenergi.

Rasa lelah dan cape akan tergantikan dengan rasa puas dan segar ketika sudah sampai di air terjun. Ketinggian air terjun sekitar 200 meter.

Pada waktu bersamaan ada group kunjungan wisata yang terdiri dari orang tua beserta anak -anak yang masih berusia TK dan SD berusia 5-9 tahun sekitar 15 orang yang berkunjung ke air terjun, salut untuk anak-anak TK dan SD tersebut yang penuh semangat dan tidak terlihat rasa cape dan lelah.

Keberadaan mereka menambah semangat orang dewasa untuk bisa mencapai lokasi air terjun. Pemandangan di sekitar air terjun sungguh cantik, menyejukan dan menyegarkan.

Rasa penasaran untuk bisa merasakan segarnya air terjun, maka membuka kaos kaki dan sepatu adalah cara yang tepat untuk turun langsung ke tempat jatuhnya air terjun, sungguh menjadi pengalaman dan sensasi tersendiri bisa merasakan dingin dan segarnya air pegunungan.

Puas dengan merasakan segarnya air terjun dan berfoto-foto, maka saatnya kembali pulang, selama perjalanan pulang dari air terjun Curug Cibadak perjalanan terasa ringan dan terasa lebih cepat karena memang cenderung turun.

Suaka Elang

Suaka Elang ini lokasinya sekitar 20 meter dari tempat penjualan tiket menuju arah pulang. Ada 2 sangkar burung besar tempat penakaran Elang di sana. sangkar burung ke-1 tidak terisi, yang terisi ada di sangkar burung ke-2, ada 4 elang yang dipelihara. Masing-masing elang menempati sangkar tersendiri.

Sungguh menjadi pengalaman yang menarik bisa mengunjungi dan ketemu langsung dengan elang. Alangkah baiknya orang tua bisa mengajak putra putrinya untuk bisa berkunjung ke Suaka Elang ini. Selain bisa menambah nilai edukasi, juga bisa langsung merasakan dan berdekatan dengan alam dan hutan tropis yang menjadi ciri khas Indonesia.

Selesai berkunjung ke tempat penakaran Elang, waktunya untuk kembali ke area parkir dan kembali pulang ke rumah mengingat hari sudah menjelang waktu sholat dhuhur dan tentu saja rasa lapar yang memang sudah waktunya makan siang.

Setelah berjalan kaki yang cukup melelahkan. Tidak terasa jalan kaki yang sudah kami lakukan di kawasan Suaka Elang Loji Taman Nasional Gunung Halimum Salak mencapai 18.239 langkah kaki. Alhamdullilah.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA