Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 17 Feb 2019 18:07 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Surga Kecil di Bagian Barat Bali

Almira Santoso
d'travelers
Foto 1 dari 5
Pura Ganesha di Pulau Menjangan
Pura Ganesha di Pulau Menjangan
detikTravel Community - Pulau Bali seakan tidak habis untuk dieksplor. Apalagi bagian Baratnya, yang juga tidak kalah indah.

Temapt terindah yang ingin terus saya datangi di Bali salah satunya berada di Barat Bali, yaitu Pulau Menjangan. Karena di sini alam Bali masih terjaga dengan baik. Keindahan dan ketenangan lingkungannya bikin saya dan kelaurga betah untuk menikmati liburan kami selama di Bali.

Pulau Menjangan merupakan surga kecil di Barat Bali, setidaknya untuk saya. Pulau ini lebih banyak dikenal oleh wisatawan asing dibandingkan wisatawan lokalnya sendiri. Selain melalui jalan darat dari Bali bagian tengah melewati Danau Batur dan Kintamani serta Denpasar Gilimanuk selama 3 jam, pulau ini pun bisa diakses melalui jalur laut dari Banyuwangi. Pulau Menjangan yang keindahannya tidak boleh dipandang sebelah mata ini termasuk dalam wilayah Taman Nasional Bali Barat.Kalau ngomongin tentang Bali memang ga ada habisnya. Ada saja destinasi wisata yang membuat kita terpana.

Harpitnas alias hari kejepit nasional menggugah hati kami sekeluarga untuk mengunjunginya. Sebulan sebelumnya, kami buka aplikasi kesayangan kami semua yaitu Tiket.com untuk memesan tiket pesawat dan tentu saja akomodasi yakni penginapan dan sewa mobil selama kami disana.Benar-benar praktis dan mudah. Semua dalam satu genggaman.Bayangkan, kalian tidak perlu repot-repot untuk mencari di web-web lain lagi karena semua tersedia di tiket.com.Tiket.com kesayangan kami sekeluarga.#semuaadatiketnya

Butuh waktu sekitar 4 jam dari Bandara I Gusti Ngurah Rai menuju Pulau Menjangan.Mobil yang kami sewa pun sudah menunggu di pintu kedatangan. Serah terima mobil kemudian kami segera berangkat.Jalanan dari Bandara I Gusti Ngurah Rai menuju Pulau Menjangan sangat bagus, tidak terlihat adanya jalan rusak. Bali memang juara kalo masalah aspal jalanan. Mau sampai desa-desa pun jalanan tetap teraspal. Nama Menjangan itu sendiri berasal dari bahasa setempat yang berarti rusa atau kijang. Nah jadi jangan kaget kalau tiba disana kalian bakalan menemukan segerombolan satwa ini. Pulau Menjangan sendiri bisa dinikmati baik di dalam laut maupun pemandangan di atas lautnya. Sama- sama indah. Jadi buat kalian yang tidak suka aktivitas snorkling atau diving tetap bisa menikmati keindahannya.

Pulau Menjangan juga dikenal para diver sebagai tempatnya wall diving terbaik di Bali. Satu-satunya cara untuk mencapai pulau yang tidak berpenghuni ini adalah dengan menggunakan perahu yang dikelola Taman Nasional Bali Barat. Kebetulan kali ini kami menginap di salah satu resort terbaik yaitu Mimpi Resort, jadi kami tidak perlu repot-repot untuk pergi ke Labuhan Lalang di Teluk Terima, karena dekat dengan tempat kami menginap ada dermaga kecil di Teluk Banyuwedang. Butuh waktu sekitar 30 menit untuk sampai ke Pulau Menjangan ini dari tempat kami menginap.

Hari pertama kami lewatkan dengan melepas lelah sambil santai di hotel dan menikmati fasilitas yang ada. Snorkeling adalah kegiatan wajib selama disini, kalo sudah ada license diving lebih bagus lagi. Satwa yang dapat kita jumpai antar lain hiu dari jenis white / black tip, grey shark, whale shark, napoleon. Menurut informasi para penyelam yang kami temui, daya pandangnya antara 15-50 meter. Pemandangan bawah lautnya pun menarik mulai dari underwater cave (goa bawah air) sampai sea fan dengan ukuran raksasa. Jangan lupa untuk menemukan spesies garden eel yang biasa tinggal dibawah pasir. Sementara untuk snorkeling cobain deh dekat snorkeling dekat Pura Ganesha.Kalian akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah walau hanya snorkeling saja.Sempat berbincang-bincang dengan wisatawan asing yang 1 perahu dan 1 penginapan dengan kami. Mereka sekeluarga dari Canada dan sangat suka travelling, apalagi menjelajah ke pulau-pulau. Dan menurut pendapat mereka, Pulau Menjangan adalah salah satu tempat favorit keluarga mereka untuk snorkeling karena ombaknya yang bersahabat dan airnya yang jernih.Seru!

Jika kalian tidak suka snorkeling atau diving, kalian tetap bisa menikmati keindahan pulau ini dengan bermain di pantainya. Pantainya yang bersih dan masih relatif sepi hampir seperti berada di pantai milik pribadi. Dengan air birunya yang bening kontras dengan tanaman disekitar pulau yang berwarna hijau dan coklat dijamin mata kalian akan benar-benar dimanjakan. Selain itu kalian juga bisa melihat beberapa barisan gunung di Pulau Jawa. Indah!


Kalau “mager†alias malas gerak kalian juga bisa kok sekedar berleha-leha di hotel tempat menginap,karena kebanyakan hotel di Pulau Menjangan ini berbentuk resort, jadi fasilitasnya sudah pasti lengkap. Sekedar berjemur di pinggir kolam renang juga asik untuk menghabiskan liburan kali ini. Untuk yang liburan ala backpacker jangan khawatir, di kawasan ini juga banyak tersedia homestay dengan harga yang terjangkau.


Gimana? Tertarik menikmati keindahan surga kecil di barat Bali?

BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED