Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 01 Mar 2019 12:45 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Sehari di Jeddah, Kunjungi 4 Tempat Ini

anni rohimah
d'travelers
Foto 1 dari 5
Berfoto di halaman Masjid Qisas.
Berfoto di halaman Masjid Qisas.
detikTravel Community -

Umumnya, jamaah haji dan umrah banyak menghabiskan waktu di dua kota suci, Makkah dan Madinah. Adapun Jeddah, yang berjarak 70 km atau 1 jam perjalanan dari Makkah, hanya dikunjungi sekali atau sehari saja.

Ada empat destinasi menarik yang bisa dikunjungi di Jeddah. Ini daftarnya:

1. Balad Corniche Commercial Centre

Ya, ini adalah destinasi wajib bagi jamaah haji dan umrah asal Indonesia. Di sini terdapat mall dan toko toko souvenir khas Arab Saudi. Banyak berjejer toko dengan embel-embel murah seperti Ali Murah, Gani Murah dan Sultan Murah. Pedagang di sini fasih berbahasa Indonesia, beberapa pelayan toko merupakan pendatang asal Indonesia.

Selain pedagang souvenir, ada pula pedagang makanan khas Indonesia, seperti Bakso Mang Oedin, Resto Garuda, atau rumah makan Wong Solo. Sangat menarik dan cukup mengobati kerinduan akan makanan Indonesia, terutama bagi jamaah haji.

2. Masjid Qisas

Masjid ini merupakan tempat pelaksanaan hukuman qisas. Lokasinya tidak jauh dari Corniche Commercial Centre di kawasan Balad. Masjid Qisas ini tidak besar namun halamannya sangat luas dan dikelilingi taman yang asri. Dari halaman Masjid Qisas, pengunjung bisa melihat suasana kota Jeddah yang cantik.

Di dekat pintu keluar jemaah wanita, ada beberapa anak yang menjajakan dagangan souvenir khas Arab Saudi. Di musim haji, ada warga pendatang asal Indonesia yang berjualan berbagai macam gorengan di halaman Masjid Qisas ini.

3. Corniche Middle Park

Taman cantik yang dekat tak jauh dari Corniche Commercial Centre adalah Corniche Middle Park. Taman ini berada di tepi Laut Merah.

Waktu terbaik mengunjungi Corniche Middle Park adalah sore hari. Di sore hari, suasana taman ini cukup sejuk dengan angin yang tidak begitu kencang. Terdapat area untuk pejalan kaki yang nyaman dan bersih. Jika ingin pergi ke Corniche Commercial Centre menggunakan taksi dari taman ini, pengunjung cukup membayar 5 riyal per orang.

4. Air Mancur King Fahd (King Fahd's Fountain)

Air Mancur tertinggi di dunia ini berada di Laut Merah, Jeddah. Pengunjung bisa menyaksikan air mancur ini di area taman Corniche Middle Park. Jika datang di pagi hingga sore hari, air mancur nampak biasa saja. Namun dimalam hari, air mancur King Fahd ini sangat cantik berhiaskan lampu yang cantik dan berkilau.

Selain empat destinasi di atas, pemandangan di kota Jeddah juga sangat unik. Jika di Makkah ada Zam Zam Tower yang megah, di Jeddah ada bendera Arab Saudi berukuran raksasa yang terlihat dari jarak jauh.

Selain itu saat menuju Corniche Commercial Centre, saya dan rombongan melewati kawasan kota tua Balad. Selepas dari Masjid Qisas, bus kami berhenti sejenak di area pemakaman yang diyakini sebagai makam Siti Hawa.



BERITA TERKAIT
BACA JUGA