Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 27 Apr 2019 15:50 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Melihat Jasad Lenin yang Wafat 95 Tahun Lalu

titry frilyani
d'travelers
Foto 1 dari 5
Dinding Pemakaman Kremlin yang dilewati saat keluar ruang sarkofagus Lenin
Dinding Pemakaman Kremlin yang dilewati saat keluar ruang sarkofagus Lenin
detikTravel Community - Vladimir Lenin, tokoh revolusioner yang juga merupakan pemimpin pertama Uni Soviet telah wafat 95 tahun lalu. Tapi kita bisa melihat jasad aslinya yang diawetkan di Lenin Mausoleum, Moskow.

Ketika Lenin wafat pada tahun 1924, para petinggi Partai Komunis memutuskan untuk tidak menguburnya, melainkan mengawetkan tubuhnya dan memajang jenazah Lenin agar dapat dilihat oleh umum.

Bangunan Mausoleum dirancang oleh seorang arsitek bernama Alexei Shchusev dan mulai dibuka untuk umum pada tahun 1930. Konon, Mausoleum ini dikunjungi oleh 2.5 juta orang per tahunnya.

Metode pengawetan yang dilakukan pada jenazah Lenin adalah dengan mengganti organ dalam dan mengganti cairan tubuhnya dengan balsem khusus yang memperlambat proses pembusukan. Obat pengawet disuntik dan dibalur balsem tiap 1.5 tahun agar tubuhnya tetap terjaga dengan baik.

Mausoleum dibuka mulai pukul 10.00 hingga 13.00 pada hari Selasa, Rabu, Kamis dan Sabtu. Tidak ada biaya masuknya jadi siap-siap mengantri panjang ya. Pengamanan saat memasuki Mausoleum pun cukup ketat, kita harus membuka jaket dan memperlihatkan isi tas. Agak ribet saat winter karena banyak lapisan pakaian yang harus dibuka.

Di dalam Mausoleum, kita tidak boleh menggunakan ponsel ataupun kamera. Kita akan berkeliling setengah lingkaran melewati sarkofagus dan tidak boleh berlama-lama karena harus bergantian dengan pengunjung lain.

Keluar Mausoleum kita akan melewati Dinding Pemakaman Kremlin, tempat peristirahatan terakhir orang-orang penting Soviet seperti Stalin dan kosmonot Yuri Gagarin. Di tempat ini, tidak ada batas waktu untuk pengunjung.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA