Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 26 Apr 2019 11:17 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Menyibak Daya Tarik Tana Toraja

Foto 1 dari 2
Rumah Adat Toraja yang bernama Tongkonoan. Toraja ( A Endin Yoga Pradana/ detikTravel)
Rumah Adat Toraja yang bernama Tongkonoan. Toraja ( A Endin Yoga Pradana/ detikTravel)
detikTravel Community - Selama ini kekayaan budaya jadi daya tarik utama untuk mengunjungi Tana Toraja. Ada rumah Tongkonan sampai tradisi penguburan mayat yang unik.

Menjadi daya tarik saat mengunjungi Tana Toraja, Tongkonan yang merupakan rumah adat masyarakat Toraja dengan berbagai keunikannya. Rumah panggung dari kayu dan atapnya yang menyerupai tanduk kerbau ini memiliki fungsi penting bagi kehidupan sosial suku Toraja.

Rumah Tongkonan memiliki fungsi sebagai tempat tinggal, upacara adat, kegiatan sosial dan membina kekerabatan. Terbagi menjadi tiga bagian yakni bagian selatan, tengah dan utara.

Pada bagian selatan merupakan ruangan untuk kepala keluarga. Ruang tengah berfungsi untuk tempat berkumpulnya keluarga, dapur dan tempat untuk meletakan jenazah sebelum akhirnya di semayamkan. Di bagian utara adalah ruang tamu, tempat meletakkan sesaji, dan sebagai tempat tidur.

Tradisi masyarakat Toraja biasanya tidak langsung menguburkan jenazah dan menyimpannya di rumah Tongkonan. Layaknya orang sakit jenazah itu masih diberi makan. Untuk mencegah agar jenazah tidak cepat membusuk dan bau maka jenazah pun dibalsem dengan ramuan tradisional.

Dilengkapi dengan ornamen tanduk kerbau yang disusun dari atas ke bawah, di depan rumah menjadi penanda tingginya derajat penghuni rumah tersebut. Semakin banyak tanduk yang terpasang maka menujukkan pemilik rumah memiliki status sosial yang tinggi. Tanduk-tanduk itu berasal dari kerbau yang dikurbankan saat Rambu solo (upacara pemakaman).
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Foto: Pemandian Terpencil Cleopatra

Senin, 15 Jul 2019 22:20 WIB

Mesir tak cuma piramida dan gurun. Terpencil di Gurun Sahara, ada sebuah kota dengan pemandian Cleopatra. Meski di antara gurun, pemandian ini malah eksotis.