Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 21 Mar 2019 10:27 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Ini Asyiknya Naik MRT Jakarta

Tom
d'travelers
Foto 1 dari 4
Interior gerbong
Interior gerbong
detikTravel Community - MRT Jakarta adalah moda transportasi baru. Begini rasanya naik transportasi yang keren itu!

Di awal tahun 2019 ini, ada moda transportasi baru di wilayah DKI Jakarta, yaitu MRT Jakarta yang merupakan singkatan dari Mass Rapid Transit Jakarta. Dengan sarana kereta rel listrik, MRT Jakarta siap menawarkan transportasi cepat. Pembangunannya sudah dimulai sejak tahun 2013 dalam beberapa tahap.

Untuk tahap satu yang menghubungkan Lebak Bulus dengan Bunderan HI sudah selesai dan sedang diuji coba. MRT Jakarta tahap satu akan melintasi wilayah Bendungan Hilir, Senayan, Blok M dan Fatmawati. Masyarakat diperbolehkan mencoba secara gratis dengan cara mendaftar di http://www.ayocobamrtj.com. PT MRT Jakarta membuka kesempatan bagi masyarakat yang ingin ikut Uji Coba Publik MRT Jakarta mulai tanggal 12 Maret 2019. Waktu uji cobanya dari pukul 07.00 sampai pukul 17.00 WIB.

Setelah mendaftar, kita bisa datang langsung ke stasiun keberangkatan pada waktu yang sudah dipilih dengan membawa e-tiket. Kita akan menyaksikan stasiun MRT yang terbilang megah, baik yang letaknya atas maupun yang di bawah tanah. Untuk akses pejalan, disediakan tangga manual ataupun eskalator.

Fasilitas lainnya ada toilet, loket informasi, mesin tiket dan lain-lain. Di peron, kita akan melihat tanda antrean di pintu akses ke kereta. Jadi diharapkan para pengguna nantinya bisa lebih tertib. Pintu akses tersebut beroperasi otomatis yang akan terbuka saat kereta datang dan kembali menutup saat kereta berangkat.

Saat uji coba, kereta terjadwal keluar masuk stasiun setiap 10 menit. Interior gerbong kereta MRT Jakarta tidak berbeda jauh dari interior gerbong kereta Commuter Line Jabodetabek. Perbedaannya yang terlihat jelas terletak di pemilihan material bangku dan bagasi barang atas hanya terdapat di tempat duduk prioritas pada gerbong MRT Jakarta.

Masih dengan bangku memanjang dengan handgrip bergelantung di atasnya. Di ujung ruang gerbong juga disediakan tempat duduk prioritas untuk yang lanjut usia, yang sedang cedera dan ibu hamil. Informasi dalam gerbong ditampilkan melalui layar digital. Terdapat juga pengaktif pintu darurat dan interkom darurat.

Ayo kita sama-sama mengurangi kemacetan dengan beralih menggunakan moda transportasi umum dan fasilitasnya jangan dikotori ataupun dirusak.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED
Laporan dari Jerman

Foto: Gembok Cinta Abadi Kota Cologne

Kamis, 25 Apr 2019 06:20 WIB

Di Kota Cologne, Jerman traveler bisa mengabadikan cinta bersama pasangan. Ada destinasi gembok cinta Jembatan Hohenzollern yang wajib kamu kunjungi di sini.