Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 25 Mei 2019 16:45 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Turing ke Sumedang, Ada Tahu dan Alamnya yang Memikat

Banie_kiswanto
d'travelers
Foto 1 dari 5
Salah satu pengunjung Desa Cileumbu membeli dan berkunjung ke pengolahan tahu Sumedang.
Salah satu pengunjung Desa Cileumbu membeli dan berkunjung ke pengolahan tahu Sumedang.
detikTravel Community - Sebentar lagi liburan, yuk isi liburanmu dengan jelajah Sumedang. Dekat dengan ibu kota atau hanya sekitar 6 jam jarak tempuhnya.

Melalui wilayah Cikampek-Purwakarta bisa mampir ke Wanayasa. Berpemandangan danau, cocok untuk istirahat sejenak dan memesan berbagai aneka makanan tradisional, salah satunya peyeum bakar.

Lanjutkan perjalanan melalui wilayah hutan dan beberapa pedasaan menuju Sumedang. Sesampainya di Sumedang, kalian bisa beristirahat di Masjid Agung yang terdapat di alun-alun atau sejumlah resor juga hotel.

Anda bisa mencicipi kuliner pagi jika sampai di pagi hari, yakni ada serabi oncom maupun kupat tahu di sekitar Masjid Agung maupun alun-alun Kota Sumedang. Sampai di siang hari Anda bisa bertamasya di area pegunungan dengan wilayah adat yang masih terjaga, salah satunya Desa Karuhun.

Beberapa lokasi di titik ini cukup memanjakan para wisatawan dan berjarak tempuh sekitar 30 menit dari kota. Selain itu ada Curug Cigorobog yang berjarak sekitar 7 km dari Kampung Karuhun, dengan biaya masuk yang cukup murah sekitar Rp 15-20 ribuan dapat menikmati susunan air terjun serta fasilitas yang ada.

Sore menjelang dapat menikmati air panas di Cileungsing dengan biaya masuk yang cukup murah yaitu sebesar Rp 10 ribu dan parkir Rp 2000. Ada pilihan alternatif untuk mandi dengan air panas, selain kolam terbuka ada pula dengan yang bergabung namun dibedakan antara wanita dan pria.

Coba juga untuk mandi di air terjun dan merelaksasi dengan air panas. Saat malam, Anda bisa menyambangi beberapa restoran di wilayah Sumedang.

Selain di Kota Sumedang, kalian bisa menelusuri wilayah Desa Cileumbu. Dan ya wilayah ini merupakan cikal bakal ubi cileumbu yang terkenal dengan ubi madu. Ubi cileumbu di sini dapat dibeli dengan harga murah dan dapat langsung dicicip sebelumnya.

Lalu jangan lupa untuk menyambangi pembuatan tahu Sumedang yang sudah melegenda. Cita rasa yang berbeda dari tahu-tahu yang lain. Selain bisa intip pembuatan tahu Sumedang, kalian bisa langsung membelinya dengan harga termurah serta menyicip gratis.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED