Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 11 Jun 2019 15:45 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Ada Pantai NTB, Tapi di Sulawesi Tengah

Nuha Dzakirah
d'travelers
Foto 1 dari 5
terlihat banyak pohon kelapa di niug tubele beach
terlihat banyak pohon kelapa di niug tubele beach
detikTravel Community - Jika mendengar kata NTB pastinya kalian akan otomatis teringat kepada Nusa Tenggara Barat. Namun, NTB satu ini justru ada di Sulawesi Tengah.

NTB sendiri merupakan salah satu pantai yang berada di Desa Kalangkangan, Kecamatan Galang, Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah. NTB merupakan singkatan dari Niug Tubele Beach. Niug berarti Pohon Kelapa dalam bahasa Tolitoli sedangkan Beach berarti pantai dalam bahasa Inggris.

Karena pantai ini didominasi oleh pohon kelapa maka warga setempat menamainya Niug Tubele Beach. Ada tambahan kata Tubele yang merupakan nama dusun di pantai tersebut yang disematkan agar bisa menjadi singkatan NTB.

Dari pusat Kota Tolitoli menuju ke Niug Tubele Beach diperlukan waktu kurang lebih 20-30 menit saja dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat menuju ke arah Buol/Gorontalo. Nah, di sana traveler bisa menikmati suara ombak ditemani dengan pepohonan kelapa yang menyejukkan.

Dulunya tempat ini sangat populer di kalangan anak muda dengan berbagai fasilitas yang tersedia, seperti hammock dan beberapa tempat untuk bersantai lainnya, seperti kursi yang terbuat dari ban bekas dan lain sebagainya.

Seiring waktu berjalan, pantai ini mulai sepi dikarenakan fasilitasnya mulai rusak dan tidak ada perhatian dari warga setempat. Sungguh sangat disayangkan sekali.

Namun, jika traveler ingin berkemah bersama kawan-kawan. Traveler bisa datang ke sini, karena jenis pasir di pantai ini tidak terlalu lembut jadi sangat cocok untuk mendirikan tenda, membuat api unggun dan bersua bersama kawan-kawan.

Nah, jika kalian ingin berkemah. Jangan lupa membawa hammock agar bisa digantungkan di pohon kelapa dengan cara disusun. Sangat Instagamable sekali jika digunakan untuk spot foto.

Yuk kita hidupkan kembali Niug Tubele Beach ini, kita rawat baik-baik. Karena tempat wisata itu bukan hanya untuk dinikmati semasa populernya saja, setelah kotor dan fasilitas mulai rusak malah ditinggalkan. Bukan teman-teman, bukan begitu cara menyayangi bumi.

Kita mulai dari diri sendiri, jaga lingkungan sekitaran pantai. Jika sudah kotor, mari kita sama-sama bersihkan. Jika fasilitasnya sudah mulai rusak, mari kita saling gotong royong untuk membuat sesuatu agar orang-orang mau tetap datang.

Yuk, ke NTB-nya Sulawesi Tengah!
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED