Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 12 Jun 2019 11:50 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Xintiandi, Kota Tua Shanghai yang Khusus Untuk Pejalan Kaki

Widiarini
d'travelers
Foto 1 dari 5
Jejeran Shikumen yang berada di area Xintiandi
Jejeran Shikumen yang berada di area Xintiandi
detikTravel Community - Shanghai tak cuma soal gedung pencakar langit. Di sebuah daerah bernama Xintiandi terdapat komplek perumahan jadul yang instagrammable.

Xintiandi sendiri adalah sebuah area untuk pejalan kaki dengan konsep bangunan di sekitarnya yang unik. Bangunan di area Xintiandi ini merupakan perpaduan dua gaya arsitektur yakni arsitektur modern dengan arsitektur lama Shanghai yang biasa dikenal dengan sebutan Shikumen.

Shikumen adalah kompleks perumahan Shanghai zaman dulu yang memadukan arsitektur Tiongkok dengan Arsitektur Barat yang mucul di tahun 1800an. Pada awal 1900, shikumen ini digunakan sebagai tempat tinggal tapi sering berjalannya waktu mulai ditinggalkan oleh masyarakat setempat.

Jejeran Shikumen yang identik dengan bangunan 2 lantai berdinding bata dengan corak abu-abu gelap dan pintu kayu menggunakan ukiran bergaya khas Tiongkok inilah yang menjadi objek utama di area Xintiandi.

Sebagian Shikumen ini masih berfungsi sebagi tempat tinggal. Sebagain besar lainnya berubah fungsi menjadi toko, restoran, butik, dan cafe.

Selain itu, ada area Xintiandi yang difungsikan sebagai komplek pusat perbelanjaan dimana terdapat plaza yang berisikan barang-barang kelas dunia. Letaknya ada di seberang jalan dari komplek rumah Shikumen.

Di Xintiandi kita bisa berjalan-jalan santai karena jalan ini bebas kendaraan dan banyak pengunjung yang berfoto ria karena memang tempatnya yang instagramable. Jadi jangan lewatkan kunjungan ke Xintiandi yah ketika plesiran ke Shanghai.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA