Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 16 Mei 2019 11:45 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Menyusuri Jejak Cinta Dilan dan Milea

Deny Oey
d'travelers
Foto 1 dari 5
Jalan Asia Afrika
Jalan Asia Afrika
detikTravel Community - Film Dilan begitu terkenal. Mari menyusuri lokasi-lokasi syuting filmnya di Bandung. Nggak berat kok!

Bagi kalian pecinta novel atau film Dilan pasti familiar dengan kalimat di atas. Ya, kalimat itu diucapkan oleh Dilan kepada kekasihnya, Milea. Seperti kita tahu, film Dilan 1990 dan Dilan 1991 berlokasi di Bandung. Nah, ternyata kita juga bisa napak tilas menyusuri jejak cinta Dilan dan Milea.

Masih ingat cerita kala sepasang kekasih ini naik motor sambil hujan-hujanan. Atau ketika Dilan berkelahi di sekolah. Tempat-tempat ini bisa kita kunjungi karena digunakan sebagai lokasi syuting film Dilan. Traveler juga bisa kemari lho sambil bernostalgia saat masih remaja. Di mana sajakah itu?

1. SMA Negeri 20

Masih ingat adegan upacara di sekolah saat Milea mengenali Dilan? Atau adegan perpisahan dengan kepala sekolah yang diperankan oleh Ridwan Kamil atau ketika Dilan berkelahi dengan Anhar di lorong sekolah? Semua adegan tersebut diambil di SMA Negeri 20 yang berlokasi di Jalan Citarum Bandung.

Sekolah ini juga banyak menyimpan momen-momen kebersamaan Dilan dan Milea dari mulai PDKT sampai memproklamirkan jadian di kantin Bi Eem. Setelah film Dilan booming, sekolah ini banyak dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah. Mengutip lirik salah satu lagu soundtrack Dilan, "Dulu kita masih remaja, masih anak SMA. Di sekolah kita berjumpa.."

2. Jalan Milea dan Rumah Dilan

Ingatkah traveler pada adegan kala Dilan membonceng Milea sampai mereka hujan-hujanan? Jalan yang sering dilewati dan juga disebut oleh Dilan sebagai "Jalan Milea" ini berlokasi di Jalan Cilaki dan Taman Cibeunying, tak jauh dari SMA Negeri 20 yng jadi setting lokasi sekolah mereka berdua. Jalan ini juga tidak terlalu ramai karena merupakan pemukiman warga. 

Tak jauh dari situ, kita akan melihat set rumah yang dijadikan tempat tinggal Dilan. Kebetulan di sana juga merupakan komplek perumahan jadul dengan pepohonan rindang di sekitarnya. Bagaimana traveler, sudah seperti Dilan dan Milea belum kala melewati tempat ini?

3. Jalan Asia Afrika 

Selain Jalan Cilaki yang sering penonton saksikan di film, Dilan juga sering mengajak Milea jalan-jalan di malam hari menggunakan sepeda motor. Dimana setting lokasinya? Tak lain dan tak bukan adalah Jalan Asia Afrika yang terkenal itu. Bahkan, kini di salah satu sudutnya kita melihat quotes tentang Bandung dari Pidi Baiq, penulis novel Dilan.

4. Resto The PanasDalam

Sebenarnya lokasi satu ini tidak ada di dalam novel atau film Dilan. Namun bagi yang ingin menyusuri jejak cinta Dilan dan Milea wajib ke tempat ini. Alasannya, restoran yang terletak di Jalan Ambon No.8A ini adalah milik dan dikelola oleh "Ayah" Pidi Baiq. Resto The PanasDalam juga bisa menjadi pilihan bagi yang ingin berwisata kuliner.

Makanan dan minuman yang dijual adalah ala kantin dengan penamaan yang unik. Oh iya, jangan lupa bawa novel Dilan karena kalau beruntung traveler bisa bertemu Ayah yang suka menghabiskan waktu di sofa di sudut resto. Jadi kalian bisa meminta tanda tangan atau selfie bersama sang empunya kisah dua sejoli ini. Jadi, kapan kamu mau napak tilas kisah cinta Dilan dan Milea.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA