Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 09 Jun 2019 09:35 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Ini Gua yang Jadi Favorit Pemudik di Cirebon

Resa Noor Fauziah
d'travelers
Foto 1 dari 4
Pusat bangunan Gua Sunyaragi
Pusat bangunan Gua Sunyaragi
detikTravel Community - Tak sedikit traveler yang mudik ke Cirebon. Di kalangan traveler, Gua Sunyaragi yang sarat sejarah ini wajib didatangi di Cirebon.

Cirebon yang akrab disapa kota udang ini memiliki banyak peninggalan yang artistik. Dengan berkendara menggunakan ojek online membutuhkan waktu 15 menit dari stasiun Cirebon untuk sampai ke Gua Sunyaragi. Setelah sampai pengunjung akan disambut dengan guide lokal yang ramah dan loket pembelian tiket. Harga tiket masuk Rp 20.000.

Jika kalian sangat tertarik dan ingin mengetahui sejarah Gua Sunyaragi, jangan ragu untuk menyewa guide. Konon, Gua Sunyaragi didirikan untuk tempat meditasi dan beristirahat para sultan dan keluarganya.

Asal muasal pendirian Gua Sunyaragi terdapat 2 versi yang beredar, yakni versi carub kanda (didirikan turun temurun oleh bangsawan Cirebon) dan versi caruban nagari yang didirikan tahun 1703 Masehi oleh Pangeran Kararangen yang merupakan cicitnya Sunan Gunung Jati.

Gua Sunyaragi ini tidak dibangun dari bebatuan melainkan dari batu karst yang diambil dari sumber yang berbeda-beda. Komplek Gua Sunyaragi cukup luas, terlihat dari beberapa tempat yang tersebar dengan pusat bangunan ada di tengah.

Selain memiliki arsitektur yang indah, Gua Sunyaragi pun kental dengan kesakralannya. Terbukti dengan terdapat beberapa ruangan untuk bertapa dan beribadah. Selain itu, terdapat Patung Perawan Sunti yang terletak di depan Gua Peteng dan Gua Mande Beling.

Mitosnya jika pengunjung tidak sengaja memegang bagian kepala Patung Perawan Sunti maka akan sulit mendapatkan jodoh. Mitos ini berasal dari Patung Perawan Sunti yang angkuh dan tidak ingin menikah. Patung Perawan Sunti di bangun pada abad ke 19 di mana bertujuan untuk mengingatkan agar tidak memiliki rasa sombong dan angkuh dengan kelebihan yang dimilikinya.

Bagaimana pun, sejarah tersebut merupakan bagian dari keindahan arsitektur Gua Sunyaragi di Cirebon. Beberapa sudut bangunan yang sangat klasik di bagian depan, merupakan sudut yang cocok untuk diabadikan.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED