Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 01 Jun 2019 12:06 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Sungguh! Air Terjun Tumpak Sewu Secantik Ini

Alex Zulfikar
d'travelers
Foto 1 dari 5
Kemegahan air terjun Tumpak Sewu yang berada di antara Kabupaten Malang, Jawa Timur.
Kemegahan air terjun Tumpak Sewu yang berada di antara Kabupaten Malang, Jawa Timur.
detikTravel Community - Air terjun Tumpak Sewu atau Coban Sewu adalah air terjun cantik  yang ada di Jawa Timur. Pemandangan di sini sungguh cantik!

Lokasi air terjun Tumpak Sewu berada di perbatasan Kabupaten Malang dan Lumajang, sekitar 2 jam perjalanan dari kota Malang. Destinasi ini relatif belum terlalu ramai karena umumnya wisatawan yang ke Malang lebih banyak mengunjungi kota wisata Batu, kawasan pantai selatan Malang, dan Gunung Bromo.

Setelah tiba di area parkir air terjun, kita hanya perlu jalan kaki 10 menit melewati kebun salak untuk sampai di view point Tumpak Sewu. Dari spot ini kita bisa melihat panorama deretan air terjun -sesuai namanya, Tumpak Sewu atau Coban Sewu yang berarti banyak air terjun, yang jatuh dari ketinggian lebih dari 100 meter. Saat cuaca cerah, kita juga bisa melihat megahnya Gunung Semeru sebagai latar belakang air terjun.

Setelah puas menikmati panorama Tumpak Sewu dari ketinggian, saatnya turun menuju kaki air terjun untuk merasakan langsung kemegahan air terjun ini. Trekking menuju kaki air terjun menempuh waktu sekitar 45 menit melalui tangga kayu, bambu, batu, dan air terjun kecil dengan tali sebagai pegangan.

Rute trekking yang dilalu tidak terlalu ekstrem, tapi kita mesti selalu fokus dan hati-hati karena cukup licin. Gunakan sepatu atau sendal gunung saat trekking di sini dan hindari pakai sendal jepit karena cukup licin.

Begitu tiba di area sungai, kita akan melewati dua jembatan kecil sebelum tiba di kaki air terjun. Suara gemuruh air terjun jadi satu dengan percikan air yang bakal membuat kita basah. Pastikan benda-benda penting seperti dompet, hp, dan kamera terlindung dari basah. Gunakan tas atau kantung tahan air dan bawa tisu atau handuk untuk menyeka lensa dan kamera yang basah.

Ada beberapa spot foto di area kaki air terjun ini. Pastikan untuk selalu waspada dan hati-hati saat naik batu atau kayu untuk berfoto. Unttuk mendapatkan hasil foto terbaik, usahakan datang ke lokasi ini antara jam 7 sampai 8 pagi.

Sekitar 200 meter dari kaki air terjun Tumpak Sewu, kita juga bisa menikmati keindahan air terjun Goa Tetes. Sesuai namanya, di air terjun ini terdapat goa yang tertutup stalakmit dan stalaktit pada tebing di sisi air terjun.

Air terjun Tumpak Sewu bisa dikunjungi hampir sepanjang tahun. Saat periode puncak musim hujan, jalur trekking menuju kaki air terjun akan ditutup karena sangat berbahaya dan beresiko longsor.

Jangan lupa untuk membawa air putih dan snack saat trekking menuju air terjun karena tidak ada warung atau kedai makanan di bawah. Tapi selalu ingat untuk membuang sampah pada tempat-tempat sampah yang telah disediakan di sepanjang jalur trekking.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED