Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 31 Mei 2019 11:25 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Dua Sisi Keindahan Danau Toba

Tommy Bernadus
d'travelers
Foto 1 dari 5
Indahnya Danau Toba dari Balige
Indahnya Danau Toba dari Balige
detikTravel Community -

Danau Toba memiliki banyak sisi yang menawarkan keindahan berbeda. Cobalah lihat dua sisi Danau Toba dari Balige dan Parapat.

Danau Toba, Danau vulkanik dan juga danau terbesar di Indonesia, merupakan salah satu destinasi wisata yang masuk dalam bucket list saya. Siapa sih yang tidak terpesona dengan danau yang indah ini.

Keinginan atau impian saya untuk berkunjung ke danau ini, akhirnya terwujud tahun 2018 lalu ketika saya dan teman saya melakukan perjalanan lintas Sumatera dari Lampung hingga ke Sumatera Utara.

Namun, sayangnya, saya waktu itu hanya sepintas atau selewat saja untuk menikmati Danau Toba, ada sesuatu yang saya harus kejar sehingga tidak sempat berlama-lama. Saya melihat Danau Toba ini di Balige dan Parapat. Daerah yang memang saya lewati.

Kesempatan ke-2 untuk benar-benar menikmati Danau Toba akhirnya terwujud kurang lebih setengah tahun kemudian. Awal 2019, saya datang ke Danau Toba dalam rangka sebuah tugas. Ya urusan pekerjaan tapi sekaligus berwisata.

Saya terbang dari Jakarta ke Sumatera Utara bukan ke Bandara Kualanamu. Saya terbang ke bandara internasional SIlangit, di Siborong-borong, Tapanuli Utara, Sumatera Utara. Senang bukan kepalang dong.

Tiba di Silangit, saya dan teman menuju ke Balige. Ternyata ada Bus Damri yang mengantar ke Balige. Dan itu gratis. Balige ini, yang merupakan pusat dari Toba Samosir. Salah satu kecamatan dari Kabupaten Toba Samosir.

Kecamatan Balige ini memang letaknya di pesisir Danau Toba. Ada sebuah jalan yang memang benar-benar menyusuri Danau Toba. Sampai di Balige, saya bertemu teman yang bekerja di Sebuah Perguruan Tinggi di Balige.

Dan perguruan tinggi ini memang letaknya bersebelahan dengan Danau Toba. Karena sudah petang, saya tidak bisa mengambil gambar danau Toba. Atas saran teman, saya menginap di sebuah hotel yang memang benar-benar terletak di pinggri Danau Toba.

Seusai bermalam, pagi harinya saya akhirnya benar-benar menikmati Danau Toba. Saya sarapan di pinggir danau toba. Sambil sarapan, saya benar-benar melihat danau Toba yang benar-benar indah. Ah memang tak menyesal menginap di hotel ini.

Saya memang benar-benar tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk menikmati Danau Toba di pagi hari.

Setelah dari Balige, saya harus melanjutkan perjalanan ke Medan. Tapi sebelum ke Medan, saya ingin mampir dan menikmati Danau Toba lagi, tapi dari tempat yang berbeda. Di mana itu? Sudah pasti di Parapat.

Dari Balige ke Parapat, saya menumpangi kendaraan minibus. Perjalanan yang ditempuh lumayan jauh. Kurang lebih 2 jam dengan tarif angkutan umum 25.000.

Tiba di Parapat, saya singgah di tempat yang memang benar-benar di tepi Danau Toba. DI tempat ini, kita bisa berfoto dengan tulisan atau signae besar bertuliskan Danau Toba. Jadi biar lebih mantap untuk berfoto, di sini tempatnya.

Di Parapat ini, kita juga bisa menikmati Danau Toba dari ketinggian. Ya ada bagian perbukitan dengan tempat makan. Jadi sembari makan atau menikmati kopi, bisa sekalian melihat keindahan Danau Toba.

Setelah menikmati Parapat, saya harus melanjutkan perjalanan ke Medan. Perjalanan ke Medan, tidak sebentar karena butuh waktu 6 jam. Akhirnya, saya benar-benar bisa menikmati Danau Toba yang memang indah.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED