Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 08 Jun 2019 09:58 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Lebaran di Ngawi, Intip Benteng Cantik Van Den Bosch

Brigida Emi Lilia
d'travelers
Foto 1 dari 5
Gerbang benteng yang megah.
Gerbang benteng yang megah.
detikTravel Community - Traveler yang sedang libur lebaran di Ngawi, coba main ke Benteng Van Den Bosch. Benteng ini punya banyak sudut instagrammable untuk diabadikan

Jangan berkunjung ke kota Ngawi tanpa singgah ke Benteng Van Den Bosch atau yang lebih dikenal sebagai benteng pendem. Benteng yang berlokasi di kelurahan Pelem Kecamatan Ngawi ini sangat mudah dicapai karena letaknya yang strategis, dan benteng ini terus mempercantik diri untuk menarik pengunjung.

Ini adalah kali kedua saya berkunjung ke sini. Dan jika dibandingkan dengan kunjungan saya yang pertama ada beberapa perubahan dari benteng ini. Perubahan yang pertama adalah adanya gapura megah berwarna putih di bagian depan benteng. Dari kejauhan gapura ini sudah nampak berdiri dengan gagahnya.

Di belakang gerbang terdapat pos penjagaan dan tiang-tiang lampu yang berbaris ke belakang di kiri dan kanan jalan menuju benteng. Saat malam tiba lampu yang menyala nampak cantik terlihat dari jauh.

Perubahan berikutnya adalah lokasi parkir kendaraan. Dahulu kendaraan bisa masuk sampai ke mulut benteng, tetapi sekarang terdapat pagar pembatas sehingga kendaraan tidak bisa parkir dekat benteng dan pengunjung harus berjalan sedikit ke arah mulut benteng.Suasana di benteng sendiri masih relatif sama, dengan bangunan tua yang berkesan misterius dan rerumputan yang menghijau.

Perbedaan lain yang saya lihat adalah di bagian dalam benteng sekarang terdapat ruang pamer yang berisi foto-foto maupun benda bersejarah yang ada kaitannya dengan Pangeran Diponegoro. Di ruang pamer ini juga terdapat film dokumenter yang diputar melalui sebuah Tv yang menempel pada salah satu dinding.Beberapa foto dan benda-benda itu dilengkapi dengan keterangan yang terletak didekatnya.

Berikutnya yang saya lihat adalah keberadaan burung merpati di dalam benteng. Untuk memancing agar burung-burung itu mendekat pengunjung dapat membeli jagung di warung yang ada di dalam benteng.

Saat kita melempar jagung itu, maka burung-burung akan mendekat dan kita bisa berfoto. Hasil fotonya akan nampak cantik, seperti berada di luar negeri. Keren kan?

Benteng Van Den Bosch sendiri memiliki ukuran bangunan 165mx80m dengan luas tanah 15ha, cukup luas dan banyak spot menarik untuk berfoto. Di benteng ini juga terdapat makam KH Muhammad Nursalim, salah satu pengikut Pangeran Diponegoro yang ditangkap oleh Belanda dan dibawa ke benteng ini.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED