Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 18 Jul 2019 14:51 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Ayo Main ke Kerinci!

Agung Iranda
d'travelers
Foto 1 dari 5
Swarga Lodge di Kaki Gunung Kerinci
Swarga Lodge di Kaki Gunung Kerinci
detikTravel Community - Gunung Kerinci di Jambi menyimpan segudang eksotika dan keindahan untuk berwisata. Berbagai sudutnya indah untuk diabadikan. Ayo, ke Kerinci!

Sejumlah wahana, villa, dan berbagai area wisata menjadi magnet sendiri  untuk kita eksplorasi di Kerinci. Berlibur di Kerinci tidak cukup rasanya hanya dalam satu hari. Berusahalah jauh-jauh hari mencari penginapan yang akan membuat Anda nyaman.

Salah satu homestay yang sedang viral di media sosial, Swarga Lodge. Bangunan yang khas dan unik berbentuk segitiga berwarna cokelat, ukiran tadisional dengan sentuhan bergaya Eropa. Mengusung tema 'back to nature', area ini menawarkan penginapan sekaligus panorama keindahan Gunung Kerinci dan hamparan kebun teh dari kawasan wisata Kayu Aro yang dijuluki oleh warga setempat sebagai 'Puncak Rindu'.

Di kawasan yang sama anda juga dapat menyewa homestay Family, Bintang Kerinci Hotel. Di balik jendela penginapan, Anda dapat mengintip mahakarya tuhan dengan mata telanjang. Untuk menikmati keindahan daratan tinggi sekitar kaki Gunung Kerinci, Anda dapat berkeliling  menggunakan sepeda motor, rental mobil atau menyewa odong-odong kereta api.

Apa yang dapat anda nikmati di sana? Dari yang paling ujung barat terdapat air terjun Telun Berasap, sempatkan untuk mengililing Rawa Bento dengan perahu, bercengkrama sejenak dengan keluarga di taman Aroma Pecco, agrowisata di kawasan pabrik kebun teh, atau apabila anda punya lebih banyak waktu dan tenaga lebih baik mendaki dua mahkota wisata Kerinci, yaitu Danau Gunung Tujuh sebagai danau tertinggi di Asia Tenggara, dan Gunung Kerinci sebagai atap pulau Sumatera.

Dari kawasan Gunung Kerinci, beranjak ke Danau Kerinci, posisinya dihubungkan oleh Kota Sungai Penuh dan sebuah jembatan sepanjang 800 meter, dengan konstruksi cakar ayam. Jembatan ini diberi nama Jembatan Kerinduan.

Awal mulanya berfungsi untuk mengatasi banjir, lama kelamaan tempat ini menjadi tempat bertemunya warga untuk saling melepas rindu, berkreasi, berfoto, mancing ikan, hingga santai sejenak untuk makan-makan. Hanya dengan jarak 5 KM, anda akan sampai di kawasan wisata, Danau Kerinci.

Satu Danau Kerinci menumbuhkan puluhan wisata, Jika anda bermaksud  mengunjungi pusat keramaian dan Museum Kerinci bisa datang ke Sanggaran Agung. Ketika Anda ingin merasakan suasana sawah, pondok bebatuan serta keunikan pohon-pohon besar di pinggir danau datanglah ke Pantai Pasir Panjang, Taman Husein, serta Ujung Pasir.

Apabila ingin makan di warung yang pondoknya langsung di atas danau layaknya rumah makan terapung bisa anda temui di Desa Pidung dan Pulau Tengah. Ketika anda ingin mencebur merasakan sensasi mandi di danau Kerinci ada di Koto Petai, di sana airnya dangkal, tenang dan ombak akan datang menjelang sore. Kini pinggir danau Koto Petai disediakan fasilitas seluncur, ban renang, serta kapal besar untuk keliling dan mengakrabkan diri dengan Danau Kerinci.

Selain mandi anda juga dapat mengail ikan dan mencari berbagai jenis seafood. Kawasan danau Kerinci dan gunung Kerinci disesaki oleh pengunjung. Menjadi tugas besar masyarakat dan pemerintah daerah Kerinci untuk mempromosikan wisata Kerinci ke kota-kota besar.

Dengan potensi besar dan nilai tambah wisata yang masih alami, serta diferensiasi dengan daerah wisata terdekat lainnya seperti Sumetera Barat yang mengandalkan pada laut dan pantai. Kerinci  menawarkan pilihan yang berbeda.

Kini, warga mulai berlomba-lomba mengemas wisata terbaru yang membuat anda terpanggil untuk datang ke Kerinci, sejumlah wisata seperti Air Terjun Talang Kemulun, Air Terjun Pancuran Rayo, Taman Pertiwi, Danau Lingkat, Puncak Kerinci, dan Bukit Khayangan serta sejumlah wisata yang akan terus bertambah dan bertambah lagi.

Sekarang tinggal apalagi, ayo ke Kerinci.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA