Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 05 Jul 2019 17:50 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Seperti Inilah Al Quran Raksasa

Reksa Widuri
d'travelers
Foto 1 dari 5
 Al  Quran berukuran raksasa dengan 30 juz ayat suci
Al Quran berukuran raksasa dengan 30 juz ayat suci
detikTravel Community - Palembang punya destinasi wisata religi yang buat takjub. Inilah Al Quran raksasa!

Palembang bukan hanya terkenal dengan pempe, tetapi palembang juga memiliki berbagai macam tempat wisata yang tak kalah menarikanya dari Jembatan Ampera. Salah satu wisata yang menakjubkan ialah Wisata Religi Al - Qur'an Raksasa yang berlokasi di Jalan M Amin Fauzi, Soak Bujang, RT 03, RW 01, Kelurahan Gandus, Kecamatan Gandus, Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel).

Museum ini didirikan pada tahun 2011 yang menghabiskan dana sekitar Rp 2 M dan membutuhkan waktu sekitar 7 tahun dalam pembuatannya. Bahan utamanya pun terbuat dari kayu tembesu, yaitu kayu yang tumbuh di hutan rawa  di Sumatra.

Di museum ini terdapat Al Quran berukuran raksasa dengan 30 juz ayat suci Al Quran yang dipahat atas kayu tembesu berukuran panjang 177 cm dengan ketebalan 2,5 cm. Telah diakui oleh MURI sebagai Al Quran terbesar dan terberat di dunia.

Al Quran di museum ini bisa dibolak-balik layaknya kalian membuka sebuah pintu, dan terdiri dari 5 lantai yang dimana setiap lantainya terdiri dari 3 juz. Ukiran ayat Al Quran-nya pun berwarna emas dan di latari dengan warna dasar cokelat yang membuat mata tak bisa lepas dari pandangan karena takjub akan ayat-ayat Al Quran yang indah.

Semakan hari kian banyak pengunjung yang berdatangan ke museum ini. Baik yang hanya memuaskan rasa penasarannya saja atau pun wisata rohani, dari masyarakat lokal dalam maupun luar negeri. Bahkan turis dari mancanegara, terutama dari negara-negara Arab banyak yang sengaja berkunjung untuk membuktikan sendiri karya seni yang tiada duanya dan ingin melihat keindahan, kemegahannya.

Bagi Anda yang berasal dari luar Kota Palembang, akses menuju lokasai destinasi tersebut bisa dimulai dari pendaratan di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang. Selanjutnya, pilihan untuk anda bisa menggunakan taksi atau menumpang alat transportasi umum kebanggaan wong Palembang, yakni Trans Musi atau pun LRT Palembang

Jika menggunakan taksi, mungkin Anda perlu mengeluarkan uang ongkos sekitar Rp 100 ribuan dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Tapi kalau menggunakan Trans Musi atau LRT Palembang cukup membayar Rp 5.500.

Perlu di perhatikan lagi, jika Anda ingin berkunjung ke museum ini perlu menaati peraturan yang telah berlaku, yaitu berpakaian sopan menutupi aurat. Untuk masuk ke sini Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang, cukup Rp 5.000.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA