Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 17 Sep 2019 14:09 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Ini Masjid Tertua di Jepang

titry frilyani
d'travelers
Foto 1 dari 5
Mesjid Kobe terletak di Distrik Kitano yang dikenal dengan bangunan berarsitektur Eropa
Mesjid Kobe terletak di Distrik Kitano yang dikenal dengan bangunan berarsitektur Eropa
detikTravel Community - Sejarah perkembangan Islam di Jepang tak bisa dilepaskan dari masjid satu ini. Inilah Masjid Kobe, masjid tertua di Jepang.

Kota Kobe terletak tidak jauh dari Osaka, wisatawan biasanya datang ke kota ini untuk mencoba beef kobe (daging kobe) yang terkenal sangat enak. Tapi ternyata banyak hal yang juga bisa dilakukan di sini.

Salah satunya adalah mengunjungi mesjid tertua di Jepang, yaitu Masjid Kobe. Masjid ini dikenal juga dengan nama Masjid Muslim Kobe.

Masjid Kobe terletak di Distrik Kitano dengan arsitektur bergaya Turki tradisional. Arsitek Masjid Kobe ini berasal dari Ceko, Jan Josef Svagr, yang juga membangun sejumlah tempat peribadatan barat di Jepang.

Berada di daerah yang padat penduduk, masjid ini memang tidak akan terlihat dari kejauhan. Dengan luas yang tidak terlalu besar dan berada di deretan rumah-rumah lain, kita baru akan menyadarinya saat kita tiba di depan masjid yang mulai berdiri sejak Oktober 1935 ini.

Masjid Kobe merupakan bangunan yang tidak hancur saat bom atom dijatuhkan ke kota ini saat Perang Dunia ke-2. Juga tak hancur saat terjadinya gempa bumi sebesar 7.3 skala richter pada tahun 1995.

Warna dinding eksterior mesjid ini berwarna salem dengan dua buah menara, sedangkan dinding bagian dalam mesjid didominasi oleh warna putih. Mesjid ini terdiri dari 2 lantai, lantai bawah untuk jemaah pria dan bagian atas untuk jemaah wanita.

Masjid ini tidak hanya menjadi tempat ibadah bagi muslim, tapi juga menjadi sumber informasi bagi warga Jepang ataupun wisatawan yang ingin mengetahui tentang Islam.

Untuk mencapai masjid ini, dari Osaka kita bisa naik kereta JR Kobe line atau kereta cepat Himeji dan turun di Sannomiya Station, kemudian berjalan kaki sekitar 10 menit.
BERITA TERKAIT