Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 17 Jan 2020 15:50 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Tips Ninggalin Bayi untuk Berlibur ke Luar Negeri

Mak Nindy
d'travelers
Foto 1 dari 5
Stok ASIP
Stok ASIP
detikTravel Community - Ini adalah tips ninggalin bayi usia 40 hari ke luar negeri. Mungkin beberapa masukan di bawah ini akan berguna bagi Anda yang terpaksa ke luar negeri.

Yang baca judulnya pasti langsung mikir dalam hati, "Dih tu ibu nggak punya perasaan banget, egois, mikirin diri sendiri, nggak sayang anak, dasar ibu-ibu durjana". Percayalah, Anda akan berpikir lain jika mengalaminya sendiri.

Jadi beberapa bulan lalu kantor saya mengadakan Family Gathering ke Singapura. Tawaran itu sangat menggoda bagi saya yang belum pernah ke luar negeri.

Singkat cerita, akhirnya saya bisa ikut FamGath ke Singapura dengan terpaksa harus ninggalin bayi karena usianya masih 40 hari. Dengan berat hati aku ninggalin bayiku, prinsipnya : Mamak Happy, Baby Happy.

Dan berhubung bayiku masih minum ASI, 2 minggu sebelum berangkat ke Singapura saya sudah rutin pumping untuk persediaan anakku selama aku tinggal 3 hari 2 malam. Alhamdulillah, freezer kulkas penuh (kira-kira 50 kantong asip isi 100 ml) dan sepulangnya aku dari SG, persediaan ASIP di freezer masih sisa banyak.

Berikut rangkuman tips traveling ninggalin bayi yang masih harus minum ASI eksklusif:

1. Percayakan bayi sama orang yang sangat kita percaya, nenek contohnya

2. Berpikir positif dan tetap bahagia, nikmati liburannya. Inget, ASI itu sumbernya dari pikiran, kalo pikiran kita happy, ASI juga lancar

3. Stok ASIP harus cukup, kalau saya kemarin, dalam satu hari, bayiku minum kira-kira 10 kantong. Ditinggal 3 hari minimal harus ada 30 kantong dan bisa ditambah untuk jaga-jaga jadi 50 kantong

4. Tetep pumping pas liburan, karena kalo nggak pumping pasti bengkak payudaranya. ASI jangan disimpan

5. Tetep komunikasi sama bayi dan orang di rumah.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA