Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 13 Jul 2019 10:27 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Kamu Sudah ke Museum Macan Belum?

Brigida Emi Lilia
d'travelers
Foto 1 dari 5
Setelah melewati bagian pemeriksaan , pengunjung akan langsung memasuki ruang pamer dengan berbagai karya seni .
Setelah melewati bagian pemeriksaan , pengunjung akan langsung memasuki ruang pamer dengan berbagai karya seni .
detikTravel Community - Museum satu ini jauh dari kata membosankan. Inilah Museum Macan yang instagrammable dan bisa kamu nikmati bersama keluarga atau sahabat di akhir pekan.

Macan dalam Museum Macan yang berlokasi di Jalan Perjuangan no .5 kebun Jeruk , Jakarta Barat ini adalah singkatan dari Modern and Contemporary Art in Nusantara. Museum ini buka dari jam 10.00 sampai 18.00 WIB .

Seni modern dan kontemporer yang dipamerkan disini tdak terbatas pada lukisan saja tetapi juga menampilkan gaya kontemporer dengan berbagai media, tehnik dan dan seni instalasi.

Bagi pengunjung yang pernah melihat pameran di Galeri nasional , akan menemukan beberapa persamaan diantaranya suatu pameran dengan tema tertentu akan berlangsung selama beberapa waktu , dan di waktu yang lain akan berubah lagi. Contohnya sejak tanggal 1 Mei hingga 21 Juli 2019 di Museum Macan masih akan berlangsung pameran dengan tema Dunia Dalam Berita.

Dalam pameran dengan tema Dunia Dalam Berita ditampilkan karya-karya dari perupa penting Indonesia yang aktif pada pertengahan tahun 1990 hingga pertengahan tahun 2000 an . Ada sepuluh perupa yang memamerkan karyanya yaitu  Agus Suwage, FX Harsono, Heri Dono, I GAK Murniasih , I Nyoman Masriadi, Krisna Murti, Mella Jaarsma, S. Teddy D, Taring Padi dan Tisna Sanjaya.

Bagi penikmat seni, memasuki museum ini seperti memuaskan seluruh indera terhadap karya yang ditampilkan, ruangan yang nyaman dengan penyejuk ruangan, penataan karya seni lengkap dengan penjelasannya, adanya pemandu yang bisa menjelaskan secara rinci masing-masing karya dan cerita dibaliknya sungguh menjadikan tour keliling ruangan dengan luas 7100m2 begitu menarik.

Museum yang tutup pada setiap hari Senin ini juga tidak luput dari kunjungan anak-anak muda yang datang untuk memenuhi rasa ingin tahunya. Pengunjung muda ini biasanya menghabiskan lebih banyak waktu untuk berfoto, tak salah memang karena museum ini juga memiliki daya tarik tersendiri untuk diabadikan.

Salah satu karya seni yang menjadi favorit adalah Infinity Mirrored Room karya seniman Jepang, Yayoi Kusama.Untuk berfoto di sini, pengunjung harus antre dan diberi waktu masing-masing 30 detik.

Selain ruang pameran, Museum ini juga dilengkapi dengan toilet, tempat penitipan barang dan toko cinderamata yang menjual berbagai macam benda khas, seperti kaos, mug, buku, syal dan masih banyak lagi.

Ada beberapa peraturan saat memasuki Museum ini misalnya tidak diperbolehkan membawa tas besar maupun menyentuh karya yang ada. Bagi pengunjung yang sudah membeli tiket dan masuk ke museum dapat keluar dan masuk kembali dengan diberi stempel di tangan oleh petugas. Bagi teman-teman yang belum memiliki rencana di akhir pekan ini, museum ini bisa menjadi salah satu tujuan.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA