Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 04 Agu 2019 14:55 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Mercusuar Pulau Lengkuas, Primadona di Belitung

A. Maulana Nugraha
d'travelers
Foto 1 dari 5
Panorama Pulau Lengkuas
Panorama Pulau Lengkuas
detikTravel Community - Pulau yang memiliki mercusuar ini jadi primadona pariwisata di Bangka Belitung. Adalah Pulau Lengkuas, memiliki panorama pantai yang begitu indah, air laut yang jernih serta deretan batu granit yang menambah ciri khasnya.

Daya tarik utama pulau ini adalah sebuah mercusuar tua yang dibangun oleh pemerintah Belanda pada tahun 1882. Hingga saat ini mercusuar tersebut masih berfungsi dengan baik.

Pulau Lengkuas merupakan salah satu dari ratusan pulau yang mengelilingi Pulau Belitung, secara spesifik lokasi Pulau Lengkuas ini berada di sebelah Utara Pantai Tanjung Kelayang, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung. Keindahan atau daya tarik Pulau ini adalah keberadaan Mercusuar tua peninggalan Kolonial Belanda, nah perairan pulau ini tidak boleh diragukan lagi karna air laut yang sangat jernih serta pantai yang dibaluti oleh pasir putih menjadikan spot terbaik bagi pencita snorkeling atau diving.

Untuk akses ke Pulau Lengkuas, traveler bisa menempuhnya melewati Pantai Tanjung Kelayang dan bisa ditempuh kurang lebih empat puluh menit dengan perahu. Nah jika beruntung traveler yang berkunjung bisa berkesempatan untuk menaiki mercusuar tua ini dan bisa melihat panorama indah dari atas. Ini merupakan faktor penarik utama jika berkunjung ke Pulau Lengkuas sehingga kunjungan ke Belitung sangat meningkat setiap tahunnya.

Setelah turun dari kapal, saya dan teman lainnya berburu foto di salah satu batu granit yang lumayan besar serta berlatar belakang mercusuar. Tapi beberapa menit kemudian hujan pun turun dan saya langsung berteduh di salah satu warung. Ketika saya memesan makanan sambil menunggu hujan reda, saya bertanya kepada pemilik warung tersebut tetang bagaimana saya bisa memasuki dan menaiki mercesuar tua tersebut, tapi kata orang warung mercusuar tersebut sedang dalam renovasi sehingga dilarang naik untuk umum.

Setelah itu hujan pun agak sedikit reda, tidak menunda waktu lagi saya dan teman-teman yang sudah membawa alat snorkeling memutuskan untuk bertolak ke tempat snorkeling di area Pulau Lengkuas ini. Ketika sudah di perahu untuk menuju ke tempat snorkeling, tiba-tiba hujan turun dengan sangat deras serta diiringi oleh tiupan angin yang sangat kencang, tidak berpikir panjang lagi dan tidak menghiraukan keinginan untuk snorkeling kita bergegas menuju daratan untuk menghindari yang tidak diinginkan.

Ini pengalaman tersendiri ketika tidak bisa naik ke mercusuar dan snorkeling di area Pulau lengkuas. Tempat wisata primadona dengan arsitektur khas pasti menambah keeksotisan tempat tersebut.
Perjalanan lain serupa dan yang diinginkan berada di Timur Tengah. Mungkin dalam benak kita terlintas gurun pasir dan cuaca panas, namun siapa sangka terdapat kota yang sangat megah dengan adanya bangunan bangunan tinggi yang merupakan bangunan tertinggi di dunia.

Tata kelola kota yang dibuat sangat modern dan metropolitan, inilah Dubai. Banyak bangunan unik yang dibangun untuk melengkapi fasilitas umum di kota tersebut, contohnya air mancur terbesar, taman dengan berbagai jenis bunga yang indah, serta taman hiburan yang berada di area es atau salju sehingga bisa bermain ski. Itu alasan saya ingin berkunjung ke Dubai.

Berandai-andai jika diberi kesempatan untuk berkunjung, saya Ingin menaiki gedung Burj Khalifa yang merupakan gedung tertinggi di dunia dan melihat Kota Dubai dari ketinggian. Apalagi jika saya diberi kesempatan untuk menguji adrenalin saya bermain skydiving sambil melihat The Palm dari ketinggian.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA