Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 06 Agu 2019 20:30 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Ini Dia Wisata Kuliner Kambing Timur Tengah di Kuala Lumpur

Rahadianto Putra
d'travelers
Foto 1 dari 5
Nasi Biryani Kambing di Al-Baik Restaurant
Nasi Biryani Kambing di Al-Baik Restaurant
detikTravel Community - Wisata kuliner Timur Tengah juga bisa kamu coba di Kuala Lumpur, Malaysia. Ada restoran yang mengolah daging kambing enak sekali.

Tidak semua orang suka dengan daging kambing. Baunya menusuk hidung, dagingnya juga cenderung alot, tapi jika dimasak dengan cara tertentu akan terasa sangat lezat.

Saya juga sebenarnya tidak terlalu suka dengan daging kambing. Kalaupun ada yang masak, saya hanya mencicipi sedikit. Misalnya, saya sedang datang ke undangan ada kambing guling. Kalau sedang ingin makan, saya ambil, tetapi kalau sedang tidak mood tidak saya ambil.

Ada lagi yang tidak mau daging kambing, karena katanya bisa bikin darah tinggi dan kolesterol naik. Macam-macam alasan kita yang tidak mau makan kambing. Kasihan juga karena kambing selalu disalahkan.

Ada berbagai macam cara tentunya, agar daging kambing lebih sedap. Misalnya kalau tidak mau bau, dagingnya jangan dicuci atau pilih kambing yang muda, agar kandungan kolesterol daging tidak terlalu tinggi.

Tapi, semuanya tergantung dari cara masak masing-masing. Sebagai contoh, komunitas Arab dan India senang memasak kambing dengan ramuan bumbu serta rempah yang kuat. Pasti sudah tidak asing dengan nasi biryani, yaitu nasi basmati (nasi pera khas Timur Tengah) yang dikukus bareng dengan berbagai macam bumbu seperti kunyit, cengkeh, pala, masala, serta jangan lupa bintang utamanya yaitu kambing. Terkadang, kambingnya bisa satu ekor dikukus bersama loh!

Saya tidak pernah lupa sama nikmatnya Nasi Biryani Kambing di Al Baik Restaurant, Kuala Lumpur. Lokasinya ada di Petaling Street, seberangnya Central Market atau Pasar Seni. Palangnya sangat jelas, jadi tidak perlu khawatir.

Nasinya banyak, bumbunya medok, tapi tidak membuat mual, dan rasanya memang enak. Tidak hanya bumbunya yang kuat, tapi rasanya memang mantap. Daging kambingnya juga banyak dan melimpah ruah. Kalau tidak puas, bisa ditambah lagi dengan kuah karinya.

Saya tentunya sangat ingin bisa merasakan langsung Nasi Biryani di tempat asalnya, di komunitas asalnya, salah satunya di Dubai, Uni Emirat Arab. Sudah saya buat pula daftar restoran biryani yang harus saya kunjungi jika berkesempatan pergi ke Dubai. Salah satunya adalah di Bhoujan, Motor City Dubai.

Dari artikel yang saya baca, di sana nasi biryani disajikan langsung dari claypot. Jadi, masih sangat hangat. Terbayang kan? Wangi nasi biryani dengan bumbu-bumbunya dan daging kambingnya, sangat menggoda. Semoga saya bisa segera ke Dubai dan mewujudkan mimpi foodie saya, amin.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA