Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 17 Sep 2019 11:04 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Puncak Gunung Mutis yang Eksotis

Honing Bana
d'travelers
Foto 1 dari 5
Hamparan awan putih dari puncak gunung mutis (Esti Renatalia Tanaem)
Hamparan awan putih dari puncak gunung mutis (Esti Renatalia Tanaem)
detikTravel Community - Kamu yang ngaku pencinta alam, mesti coba mendaki gunung satu ini. Apalagi kalau bukan Gunung Mutis di NTT, yang pemandangan puncaknya sungguh eksotis.

Gunung Mutis adalah satu-satunya gunung tertinggi di daratan Pulau Timor. Tepatnya berada di Kecamatan Fatumnasi, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2400 mdpl. Untuk mencapai kaki gunung ini deiperlukan waktu sekitar 3 jam dari ibu kota kabupaten Timor Tengah Selatan, yaitu kota Soe.

Kondisi jalan cukup baik (pengerasan) untuk menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat. Di beberapa titik memang masih ada jalan yang berlubang, tapi ketika kalian sampai di di gunung ini, percayalah semua rasa capek terbayar dengan keindahan alam di sekitar pegunungan ini.

Gunung Mutis ini banyak ditumbuhi pohon-pohon jenis ampupu (Acasia alba dan Acasia deglupta) dan pinus atau cemara yang diameter pohonnya besar dan tingginya mencapai lebih 25 meter.

Hamparan bukit yang hijau dengan udara yang sejuk di puncak gunung ini sangat memanjakan mata.

Oh iya, penduduk disekitar gunung ini adalah penduduk asli Timor etnis Molo dengan menggunakan bahasa Dawan untuk komunikasi sehari-hari.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA