Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 25 Jul 2019 11:10 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Berenang Bareng Hiu Paus di Derawan, Mantap!

Foto 1 dari 5
Renang bersama Hiu Paus, Berani?
Renang bersama Hiu Paus, Berani?
detikTravel Community - Siapa tidak kenal Derawan? Pulau yang terkenal akan resortindahnya ini ternyata memiliki sisi lain yang menantang adrenalin. Renang bersama hiu paus, berani?

Hiu paus atau whale shark terdapat di beberapa daerah di Indonesia, salah satunya ada di kepulauan Derawan. Hiu paus sendiri bisa memiliki panjang mencapai 12 meter dan berat hingga 20 ton.

Hiu paus biasanya dapat ditemui dalam periode tertentu. Untuk perairan Derawan biasanya berlangsung dari bulan Desember hingga April. Hiu paus biasanya berada di sekitar bagan nelayan.

Bagan itu semacam rumah kapal, yang biasanya dibuat dalam waktu berkala. Bagan dibangun dengan kayu dan dipasang jerigen-jerigen di tiap sisi yang membuat bagan bisa mengambang di lautan. Di sinilah biasanya nelayan akan tinggal dalam waktu tertentu untuk mencari ikan.

Nah yang membuat para hiu paus senang berada disekeliling bagan adalah karena biasanya para nelayan akan membuang kembali ke laut tangkapan mereka yang berupa ikan-ikan kecil. Ikan-ikan kecil inilah yang menjadi santapan para hiu paus.

Membayangkan betapa besarnya hewan ini membuat saya agak seram ketika turun dari kapal. Namun rasa penasaran membuat saya memberanikan diri.

Benar saja, ketika melihat hewan besar tersebut dalam jarak yang relatif dekat, saya sampai lupa untuk bernapas. Iya, saking terpananya melihat langsung ikan yang katanya adalah ikan terbesar di lautan ini.

Saya pun buru-buru mendongakkan kepala ke permukaan air. Lalu berkata kepada salah satu nelayan yang berada di bagan, "Ya ampun gede banget ini Pak ikannya!"

Dengan enteng si bapak nelayan menjawab, "Wah, ini mah masih kecil Mbak. Masih anakannya, induknya jauh lebih besar." Jleb, saya sampai speechless.

Untuk kalian yang ingin merasakan langsung pengalaman yang luar biasa ini. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Paling penting adalah jangan menyentuh atau memegang hiu paus karena mereka adalah hewan yang sensitif. Usahakan tidak mengeluarkan suara atau gerakan yang mengagetkan si hiu paus. Lalu, meskipun hewan ini terbilang jinak, namun tetap jaga jarak aman dengan hiu paus ini.

Selain itu perhatikan waktu interaksi, karena maksimal batas waktu interaksi adalah dua jam. Dengan menjaga hal-hal ini semoga keberadaan hiu paus di perairan Indonesia akan tetap terjaga.

Berbicara tentang hiu paus yang besar ini, saya jadi teringat akan akuarium terbesar dalam mall sekaligus mall terbesar di dunia yaitu Dubai Mall yang ada di Dubai. Mengusung konsep yang tak biasa dan memiliki setidaknya 30.000 biota laut, termasuk hiu di dalamnya. Wah, rasanya akan sangat luar biasa jika bisa melihat semua itu secara langsung. Bukan hanya hiu, tapi juga bisa liat piranha atau lele raksasa beserta binatang-binatang besar dan unik lainnya. Ah semoga saja saya bisa segera mewujudkannya. Amin.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA