Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 09 Agu 2019 11:29 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Menikmati Segarnya Hutan Pinus Cantik di Bantul

Enny Ratnawati
d'travelers
Foto 1 dari 5
Hutan Pinus Mangunan
Hutan Pinus Mangunan
detikTravel Community -

Daerah Istimewa Yogyakarta tidak sekadar Malioboro dan Keraton. Melipir ke Kabupaten Bantul, ada hutan pinus yang unik.

Ketika saya kuliah di Yogyakarta sekitar 15 tahun yang lalu, masih sangat identik dengan jalan Malioboronya. Walaupun banyak juga pantai-pantai sekitar Yogyakarta yang ramai wisatawan.

Namun kini wisata Yogyakarta bergeser ke Kabupaten Bantul. Salah satu yang menarik adalah Hutan Pinus Mangunan. Hutan Pinus yang menjadi bagian dari Resort Pengelola Hutan (RPH) Mangunan ini berlokasi di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Tempat wisata kekinian di Yogya ini menjanjikan sesuatu yang berbeda. Apalagi sangat instagrammable.

Terletak di lokasi yang sejajar dengan makam para raja Yogya di imogiri, Hutan Pinus ini juga dikenal sebagai Hutan Pinus Imogiri. Meskipun berlabel hutan Pinus, jangan salah sangka.

Tidak semua pohon yang akan kita temui di hutan ini adalah pohon pinus. Di sini kita juga akan menemui pohon Pinus Merkusi, pohon Mahoni, pohon Akasia dan pohon Kayu Putih. Selain lokasi wisata yang menarik, di sini juga akan ditemui area outbond dan camping ground.

Apa istimewanya? Hutan Pinus Mangunan selain sangat sejuk dan nyaman juga dilengkapi dengan berbagai tempat duduk yang nyaman dan unik. Mengapa unik? karena tempat duduk tersebut terbuat dari potongan kayu yang sudah tidak terpakai lagi. Nyaman dan eksotis. Sehingga memang banyak digunakan sebagai tempat berfoto bagi para wisatawan. Lokasinya juga sangat bersih dan terawat.

Di pagi hari hutan pinus akan diselimuti oleh kabut tipis dan udara yang sangat dingin. Sedangkan di siang hari, lokasi ini tetap nyaman dengan sinar matahari yang hanya masuk melalui celah-celah pohon. Sehingga panasnya sama sekali tidak menyengat. Anda pun dapat duduk santai di kursi kayu sembari menikmati udara segar dan pemandangan yang sangat alami.

Sayangnya ke lokasi ini tidak ada transportasi umumnya sehingga harus menggunakan mobil pribadi atau menyewa mobil. Menggunakan transportasi online pun akan susah terutama ketika saatnya pulang karena terganggunya sinyal handphone. Selain lokasi parkir yang lumayan padat terutama ketika musim liburan.

Berbagai belahan Indonesia memang menjanjikan surga tersendiri. Namun, kalau boleh memilih dream destination yang lain, saya memilih Dubai. Negara yang bisa dikatakan termodern di Uni Emirat Arab ini menjanjikan wisata yang berbeda. Selain berbagai wahana wisata modern yang sudah terkenal, saya penasaran dengan Jumeirah Beach, sebuah pantai dengan pemandangan Teluk Persia. Seperti apa ya keindahannya?

BERITA TERKAIT
BACA JUGA