Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 14 Agu 2019 14:50 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Kereta Gantung, Transportasi Wajib di Sentosa Island

Aisa Marisa
d'travelers
Foto 1 dari 5
MENIKMATI SUNSET DARI CABLE CAR SINGAPORE. TRANSPORTASI KABEL INI PANJANGNYA 1.650 METER !
MENIKMATI SUNSET DARI CABLE CAR SINGAPORE. TRANSPORTASI KABEL INI PANJANGNYA 1.650 METER !
detikTravel Community - Tak sedikit traveler yang bepergian ke Sentosa Island di Singapura. Kalau liburan ke sana, kamu wajib coba naik kereta gantungnya.

Singapura merupakan negara Asia pertama yang saya kunjungi. Saya berkesempatan menikmati indahnya negara ini pada liburan bulan Juni 2019 yang lalu. Terlalu banyak atraksi yang ingin saya coba hingga rasanya 6 hari 5 malam terasa kurang. Salah satu strategi yang saya lakukan ketika menyusun rencana perjalanan adalah mengelompokkan atraksi berdasarkan wilayah. Jadi istilahnya saya menghabiskan waktu seharian di area tertentu untuk bisa menikmati beberapa atraksi sekaligus. Dengan bantuan peta MRT (Mass Rapid Transit) dan buku panduan turis membuat perjalanan menjadi mungkin dan mudah.

MRT merupakan sistem angkut massa cepat dengan menggunakan sistem kereta api memutari semua bagian kota. Stasiun MRT Singapura ada yang terletak di bawah tanah dan di atas. Stasiun bawah tanah mereka dirancang secara aman untuk melindungi masyarakat jika terjadi serangan bom dari luar. Jaringan komunikasi di bawah tanah juga lancar tanpa hambatan.

Saya tidak mengalami kesulitan koneksi sama sekali selama berada di stasiun bawah tanah dan di dalam MRT. Satu lagi, stasiun bawah tanah MRT di Singapura tidak terasa panas karena sirkulasi udara yang cukup baik. Jadi seramai apapun suasananya, kamu tidak akan merasa sumpek atau kehabisan udara segar.

Saya mau cerita sedikit mengenai Singapore Tourist Pass (STP). Ini semacam kartu prabayar yang bisa kamu gunakan untuk membayar biaya bus, MRT dan LRT tanpa batas. STP memiliki pilihan masa berlaku kartu, ada yang 1 hari, 2 hari, dan 3 hari. Saya memilih masa berlaku 3 hari dengan membayar SGD $30 ($10 adalah deposit - akan kamu dapatkan jika  kamu mengembalikkan STP yang habis masa berlakunya).

STP membuat naik  turun transportasi lebih praktis karena kamu hanya perlu menempelkan kartu pada mesin tanpa perlu repot menyiapkan uang setiap kali berkendara. Keuntungan lainnya adalah jika kamu salah turun stasiun atau salah jurusan, kamu tidak perlu boros mengeluarkan biaya lagi. Karena STP ini memiliki kuota yang unlimited, maka kamu hanya perlu tap saja. 

Jika masa berlaku STP-mu habis, kamu punya 2 pilihan yaitu melakukan top up (dengan risiko uang deposit hangus) atau membeli STP yang baru. Saat itu saya memutuskan membeli STP yang baru. Jadi saya kembalikan STP yang lama terlebih dahulu untuk mendapatkan depositnya kembali, lalu  melakukan transaksi ulang untuk STP yang baru. Perlu diingat bahwa pengembalian STP untuk mendapatkan uang deposit memiliki batas waktu. Kamu harus mengembalikan STP ini dalam waktu 5 hari terhitung dari hari pertama melakukan pembelian.

Ada 1 transportasi lain yang mau saya ceritakan di sini, yaitu Cable Car. Ini adalah transportasi kabel yang menghubungkan Mount Faber dengan Sentosa Island dan terbentang di atas Keppel Harbour. Untuk bisa naik gondola ini, kamu hanya perlu membayar SGD $18 dan sudah bisa menikmati keindahan Singapura dari atas. Cable Car ini juga akan mengantar kamu ke beberapa tempat atraksi yang ada di Sentosa. Biaya yang kamu keluarkan tadi untuk perjalanan dua arah yah, jadi hemat kan? Sudah hemat bebas macet pula!

Cable Car memiliki 3 stasiun yaitu Mount Faber Station, HarbourFront Station, dan Sentosa Station. Di masing-masing stasiun terdapat petugas yang siap siaga membantu jika kamu kebingungan atau memiliki pertanyaan  seputar penggunaan Cable Car ini. Kamu perlu tau bahwa Cable Car adalah  perwujudan dari proyek pariwisata pemerintah. Maka layaklah jika transportasi ini membuat kamu dapat menikmati wisata dengan mudah di pulau keempat terbesar Singapura.

Saat itu, yang bisa saya lakukan dalam satu hari adalah mengunjungi  Madame Tussauds, Merlion, melihat matahari terbenam dari atas Mount Faber, melintasi Sentosa Island dari atas, dan atraksi Wings of Time di Siloso Beach. Selain yang saya sebutkan tadi, masih banyak atraksi lainnya yang bisa kamu nikmati. Jadi sangat mungkin kamu kembali lagi ke Sentosa di hari berikutnya. Karena saya tidak punya cukup waktu saat itu, maka saya harus memadatkan kegiatan serta memilih atraksi yang memang saya inginkan.

Saya mau bercerita sedikit mengenai Madame Tussauds Singapura. Semua  pasti sudah tahu bahwa ini adalah museum lilin yang di dalamnya terdapat patung tokoh-tokoh besar. Madame Tussauds Singapura merupakan cabang ke-7 di negara Asia dengan memasukkan Image of Singapore di dalam rangkaian rute museumnya. Image of Singapore merupakan museum yang mempertunjukkan budaya dan sejarah awal negara ini. Kamu tidak bisa melewati bagian ini karena ini adalah jalur dan aturan yang harus diikuti untuk menuju Madame Tussauds. Kategori tokoh yang ada di Madame Tussauds Singapura ada 5 yaitu: Music, A-List Party, Sports, History &  Leaders, Film & TV.

Sosok yang diabadikan di Madame Tussauds bukanlah orang biasa. Mereka adalah orang-orang yang prestasinya sudah diakui oleh dunia. Saya menemukan 4 tokoh Indonesia di sini, yaitu Ir Soekarno, Presiden Joko Widodo, Anggun C Sasmi, dan Rudi Hartono. Saya merasa bangga luar biasa  karena prestasi anak bangsa dilihat oleh dunia. Madame Tussauds membuat impian saya menjadi kenyataan karena saya bisa berfoto langsung dengan beberapa orang yang saya kagumi walaupun hanya dalam bentuk patung lilin. Tingkat kemiripannya hingga 90% lho!

Selain Madame Tussauds, kamu juga bisa menemui Merlion di Sentosa. Merlion adalah maskot negara Singapura digambarkan dengan rupa kepala singa dan tubuh ikan. Merlion yang ada di Sentosa merupakan yang terbesar dan tertinggi. Bayangkan tingginya mencapai 37 meter! Merlion ini termasuk salah satu atraksi yang Sentosa tawarkan karena kamu bisa masuk ke dalam dan naik ke atas untuk menikmati panorama Singapura persis dari mulut si Singa.

Merlion Sentosa ini bukanlah merlion yang pertama dibuat. Merlion yang pertama terdapat di Merlion Park, dekat One Fullerton dan kawasan CBD (Central Business District). Tingginya hanya 8,6 meter namun terlihat indah karena menyemburkan air dari mulutnya. Inilah alasan mengapa beberapa orang lebih suka mengambil foto dengan Merlion ini.

Cable Car adalah salah satu kegiatan yang harus kamu lakukan ketika  berlibur di Singapura. Kamu bisa menikmati matahari secara dekat dari dalam gondola. Cable Car juga termasuk salah satu rekomendasi kegiatan yang bisa kamu lakukan bersama pasangan. Untuk kamu yang takut akan ketinggian semoga punya keberanian untuk mencoba, karena pemandangan dari atas terlalu indah untuk dilewatkan. Jangan lupa atur waktu atraksi yang ingin kamu nikmati di Sentosa karena Cable Car tidak beroperasi 24 jam. Jadi perhatikan jadwal mainmu jangan sampai tertinggal di Sentosa!

Di sisa 6 bulan tahun 2019 ini saya berencana traveling ke Thailand dan Dubai! Kenapa Dubai? Karena saya mau menambah pengalaman traveling luar biasa hingga ke Uni Emirat Arab. Saya ingin sekali mengeksplorasi Dubai dari air, seperti mengunjungi Winding Canals at Madinat Jumeirah, Bustling Waterways at Dubai Creek, The Heart of The City at Dubai Water Canal, Modern Skyline Views at Dubai Marina and Sail along the Coast at Arabian Gulf.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Mural di Kanada Keren Banget!

Senin, 26 Agu 2019 06:56 WIB

Lupakanlah grafiti yang asal-asalan, sekarang zamannya mural yang keren menghias kota. Di Quebec, Kanada mural bisa jadi keren banget.