Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 29 Agu 2019 18:20 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Unik! Ada Pulau di Tengah Sungai Tak Jauh dari Ibu Kota Baru

Tedi Permana
d'travelers
Foto 1 dari 5
Selamat datang di tenggarong
Selamat datang di tenggarong
detikTravel Community -

Tak jauh dari lokasi ibu kota baru, Kutai Kartanegara, ada sebuah pulau yang unik. Bukan sembarangan, karena pulau ini ada di tengah Sungai Mahakam.

Berkunjung ke Tenggarong tak salah jika d'traveler mengunjungi Pulau Kumala, yaitu sebuah delta yang berada di tengah Sungai Mahakam. Pulau dengan luas sekitar 76 hektar ini dirancang untuk menjadi sebuah taman rekreasi bertema budaya Dayak di Kota Tenggarong.

Aksesnya pun semakin mudah. Kalau dulu untuk mencapai Pulau Kumala, traveler harus naik ketinting atau perahu. Namun kini d'traveler cukup dengan melewati Jembatan Repo-repo yang menghubungkan Tenggarong daratan dengan Pulau Kumala.

Di beberapa bagian pagar jembatan, traveler dapat melihat Gembok Cinta yang disematkan oleh traveler yang pernah berkunjung ke Pulau Kumala. Karena dasar itulah jembatan ini disebut dengan Jembatan Repo-repo yang berarti gembok.

Pulau Kumala cukup luas, namun traveler tak perlu khawatir jika merasa tak sanggup untuk berjalan kaki mengelilingi setiap sudut pulau ini karena terdapat tempat penyewaan sepeda dan juga motor yang berada dekat loket masuk kawasan Pulau Kumala.

Begitu banyak spot yang menarik untuk dikunjungi di pulau ini, salah satunya adalah Patung Lembu Swana yang menjulang tegak menghadap Jembatan Kutai Kartanegara nan megah. Lembu Swana merupakan lambang Kerajaan Kutai Kartanegara, hewan mitologi kebanggaan warga Kutai Kertanegara ini hadir seiring perkembangan kerajaan Kutai lama bertepatan dengan kelahiran legenda Putri Karang Melenu. Istri dari pendiri kerajaan Kutai yaitu Maharaja Aji Barata Agung Dewa Sakti.

Dari Patung Lembu Swana, traveler dapat kembali ke tengah pulau untuk mengunjungi Dayak Experience Centre yang dibangun untuk memperkenalkan kebudayaan Suku Dayak yang ada di Kutai Kartanegara.

Di sini traveler dapat melihat berbagai pernak-pernik unik milik Suku Dayak seperti caping, alat musik, perkakas untuk berladang, pakaian hingga topeng yang digunakan dalam tari hedog yaitu tari untuk memanggil roh leluhur Suku Dayak.

Selain memperkenalkan keunikan budaya Suku Dayak, di pulau ini juga terdapat keunikan lainnya seperti danau di tengah delta serta sarang semut yang biasa dijumpai di Merauke. Gimana, tertarik untuk menyematkan gembok cinta di Jembatan Repo-repo dan menemukan keunikan lainnya di delta Sungai Mahakam? Yuk kunjungi Pulau Kumala.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA