Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 30 Mar 2020 13:05 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Tips Naik Kuda Bagi Anak-anak

Ummi Nawra
d'travelers
Foto 1 dari 5
Kuda butuh sentuhan
Kuda butuh sentuhan
detikTravel Community -

Semua anak pasti tahu dengan lagu naik kuda atau naik delman. Meski demikian, tidak semua anak mempunyai kesempatan untuk melihat, bermain atau naik di atas kuda secara langsung. Sebab, hewan yang super kuat ini tidak dengan mudah ditemukan di berbagai empat atau di destinasi wisata tertentu saja.

Jika ada di arena atau taman bermain anak tentu saja akan berbeda dengan destinasi yang memang menyediakan secara khusus permainan menunggang kuda ini bagi anak-anak.

Yang sudah pernah kami coba, di antaranya di sekitar lokasi Pantai Panjang Bengkulu, kawasan Ciater Bandung, Tangkuban Perahu Bandung, Daerah Yogjakarta dan berbagai wilayah lainnya.

Nah, apa yang menarik wisata menunggak kuda ini bagi anak-anak. Tentu saja akan sangat menarik, terutama bagi anak-anak yang sudah usia sekolah.

Mereka akan penasaran untuk bisa naik kuda secara langsung. Ada juga sebagian dari mereka yang takut. Kalo ada yang belum mengerti atau belum sekolah, maka akan cenderung takut, bahkan bisa menangis histeris:

Jika mengajak anak-anak berlibur ke lokasi wisata berkuda, ada beberapa hal yang harus ayah bunda pastikan terlebih dahulu, yakni:

1. Apakah ada instruktur atau guru atau pawang khusus yang akan menemani dan membimbing anak-anak saat naik kuda

2. Pastikan bahwa sebelum naik kuda anak akan diberikan edukasi singkat mengenai kuda

3. Anak siap untuk naik kuda, tanpa adanya paksaan

4. Pastikan saat berkuda anak dalam kondisi kenyang dan tidak mengantuk

5. Jika anak menolak, maka orang tua sebaiknya tidak memaksa.

Jadi, hari itu kami mengajak anak-anak untuk liburan dengan bermain kuda. Dari rumah anak sudah disiapkan lahir dan batin sehingga begitu sampai di lokasi anak siap untuk mengikuti semua kegiatan dengan baik.

Begitu tiba di lokasi ternyata sudah banyak anak-anak yang berkumpul yang juga akan bermain menunggang kuda. Mereka dengan tertib mendengarkan secara seksama penjelasan guru atau pawang kudanya mengenai bagaimana triks naik kuda yang baik.

Anak juga diajarkan bagaimana membuat kuda mau menurut, bagaimana memegang tali kekang kuda dengan baik sehingga kuda bisa dengan mudah dikendalikan.

Setelah itu anak langsung diminta untuk mempraktikan cara naik kuda yang baik. Setiap anak diberikan waktu khusus untuk menaiki kuda dan diajak berkeliling dengan kuda. Untuk yang baru tentu saja masih dibantu dan ditemani dulu.

Namun, jika sudah mulai bisa, maka pelan-pelan akan dibiarkan sendiri. Namun tetap diawasi dengan waspada. Kuatir kudanya mengamuk atau tidak bersahabat. Ini untuk mengurangi resiko.

Liburan bersama anak-anak ke lokasi yang ada permainan kuda ini sangat menarik. Semua anak-anak kami sangat menyukainya. Bahkan meminta berkali-kali. Tahap pertama minta ditemani, naik kuda berdua dengan orang tuanya. Namun, setelah agak lama, minta naik sendiri.



BERITA TERKAIT
BACA JUGA