Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 23 Okt 2019 11:04 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Liburan ke Banjarmasin, 2 Kuliner Ini Jangan Lupa Dicoba ya!

Nunik Utami
d'travelers
Foto 1 dari 5
detikTravel Community - Sudah pernah ke Banjarmasin? Ibukota Kalimantan Selatan ini punya daya tarik tersendiri. Apalagi soal kulinernya, 2 makanan ini wajib untuk dicoba!

Menyebut Banjarmasin, pasti ingat Sungai Barito yang terkenal dengan pasar terapungnya? Saya sudah pernah menikmati pasar terapung dari sungai ini. Tapi, kali ini saya ingin bercerita tentang wisata kulinernya.

Ada dua wisata kuliner yang wajib kamu coba saat jalan-jalan ke Banjarmasing. Kedua kuliner tersebut adalah:

Asian Seafood

Makan seafood di sini benar-benar menjadi pengalaman yang luar biasa. Inilah tempat makan seafood paling terkenal di Banjarmasin. Seafood-nya melimpah, rasanya sudah tidak usah diragukan lagi.

Tempatnya juga unik. Soal tempat, sebenarnya sama saja dengan resto seafood pada umumnya. Namun, saya terkesan dengan penataan mejanya. Mejanya berupa meja panjang biasa. Saya dan teman-teman nggak menyadari ada sesuatu yang berbeda dengan meja tersebut.

Kami menikmati saja seafood-seafood pesanan. Udang goreng mentega, udang saus tiram, cumi goreng tepung, cumi lada hitam, kepiting saus padang, kepiting lada hitam, dan tidak ketinggalan, cah kangkung.

Duuuh, ini menu benar-benar menggugah selera. Saking asyiknya makan, saya dan teman-teman nggak peduli lagi dengan cangkang kepiting yang berserakan di meja atau saus-saus yang berceceran.

Nah, setelah selesai makan, baru deh, kami nyadar bahwa meja kami berantakan banget. Eeeh, ternyata meja-meja itu sudah dilapisi plastik sampa berlapis-lapis.

Jadi, kalau habis makan, petugas resto nggak perlu repot-repot mengelap meja. Cukup angkat satu lembar plastik dan langsung dibuang berikut segama macam kulit-kulit dan kotoran di atasnya. Unik!

Lontong Orari

Yang ini juga kuliner legendaris di Banjarmasin. Makanan ini mirip lontong sayur tapi lontongnya nggak berupa potongan-potongan. Lontong di sini disajikan dalam bentuk segi tiga dan nggak dipotong. Kuahnya kental, pedas, dan gurih. Jauh lebih nikmat dibandingkan lontong sayur.

Saya sempat ke dapur tempat makan ini. Di sini ada satu penggorengan berukuran sangat besar, berisi lontong kuah yang sudah matang. Ya ampuuun, itu kuah merahnya benar-benar menggoda!

Dalam sehari, pemilik kedai berhasil menjual ratusan porsi lontong kuah. Nggak heran, kedai ini sudah beroperasi sejak puluhan tahun lalu dan masih laris sampai sekarang. Habis, enak sih.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA