Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 19 Agu 2019 15:55 WIB

D'TRAVELERS STORIES

7 Keindahan Nusa Penida

Foto 1 dari 5
Amazing of Kelingking Beach T-Rex Nusa Penida
Amazing of Kelingking Beach T-Rex Nusa Penida
detikTravel Community - Bali tak cuma Kuta, Jimbaran atau Seminyak. Ayo ke Nusa Penida, banyak keindahan di sana!

Nusa Penida adalah salah satu pulau terbesar dari 3 pulau di tenggara Pulau Dewata, Bali selain Pulau Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan. Pulau ini memiliki panorama yang sangat cantik dan luar biasa. Penida Island sebutan yang famous untuk pulau ini, tidak hanya dikenal di dalam negeri saja tapi sudah dikenal di mancanegara. Tidak sedikit orang yang berkunjung ke tempat ini setiap tahunnya.

Untuk mengunjungi pulau ini, kita bisa menyeberang dari pelabuhan di Sanur atau dari pelabuhan di Kabupaten Klungkung. Ada juga 4 pelabuhan di Penida, tergantung lokasi menginap atau tempat terdekat yang ingin dikunjungi, seperti Dermaga Banjar Nyuh, dermaga Seblanga Banjar Nyuh, Pelabuhan Toya Pakeh, atau di dermaga Sampalan dan Mentigi.

Untuk fast boat, rata-rata mulai dari Rp 25.000-150.000 sekali menyebrang. Namun, pulau ini dapat dikunjungi untuk trip harian atau one day trip dan dapat tinggal beberapa hari. Tetapi, sangat rugi sekali jika ingin mengunjungi tempat ini hanya untuk satu hari saja, karena ada banyak sekali tempat yang wajib Anda kunjungi di barat atau timur dari pulau ini dan menikmati indahnya sunset.

Buat anda pecinta water sport, di pulau ini ada banyak sekali tempat untuk snorkelling, free dive atau scuba diving untuk menjelajahi bawah lautnya yang sungguh indah sekali. The best point seperti Manta point, Malibu point, Toyapakeh, Gamat bay, and Temple Point. Jadi, sangat disayangkan hanya trip one day saja.

Saya mengunjungi pulau ini beberapa hari dan dapat pergi menggunakan sepeda motor ataupun mobil tour, semua tergantung pilihan. Untuk sewa motor wisata domestik, mulai dari Rp 50.000/hari sedangkan sewa mobil mulai dari Rp 500.000/hari. Tapi, harga ini dapat berubah-ubah tergantung motor yang disewakan atau mobilnya dan dengan supir atau tour guide ataupun termasuk dengan bahan bakarnya.

Semua tempat memiliki pemandangan luar biasa untuk memanjakan mata Anda. Tempat yang wajib dikunjungi di baratnya Penida island adalah Kelingking beach, Kelingking Swing, Love Tree in Kelingking, Paluang Cliff, Broken Beach, Angel's Billabong, Crystal Bay beach, dan timurnya Penida Island seperti Diamond beach, Atuh beach, Tree House, Raja Lima dan Thousand island, Teletubies hill, Suwehan beach, atau mengunjungi beberapa pura seperti Goa Giri Putri Temple dan Vihara Dewi Kwan Im, Paluang Temple, Dalem Penataran Ped Temple, Puncak Mundi Temple ataupun air terjun seperti Seganing Waterfall di Desa Bunga Mekar dan Mata Air Guyangan atau Air Terjun Puguyungan. Masih ada beberapa pantai lainnya, seperti Smoke Beach atau Pantai Pasih Andus, ataupun Pantai Banah, Temeling Natural Pool di selatan Penida Island.

Untuk the best view of sunset bisa dilihat di crystal bay atau Angel's Billabong. Untuk kuliner yang wajib dicoba seperti tipat santok, bubur ledok, sate ikan laut dan pepes ikan yang super lezat yang dapat dinikmati saat mengunjungi tempat ini. Pulau ini juga sudah memiliki fasilitas kesehatan seperti Rumah Sakit Pratama Gema Shanti dan juga Puskesmas Nusa Penida. Berikut penjelasan dari destinasi yang saya kunjungi:

1. Kelingking beach and Paluang Cliff

Kelingking Beach adalah salah satu ikonik nya Pulau Nusa Penida yang terlihat seperti Tyrannosaurus Rex "T-Rex". Tempat yang sangat luar biasa indah, salah satu tempat yang wajib dikunjungi. Kamu belum dianggap pernah ke Penida jika kamu belum foto di tempat yang satu ini. Antrian fotonya saat high season sangat panjang bahkan banyak sekali yang datang untuk prewedding di sini.

Selain menikmati indahnya pulau dari atas, bisa juga turun ke bawah melalui jalan setapak terjal. Namun, semua akan terbayar saat melihat pantai yang indah dengan pasir putih dan air laut yang sangat jernih. Pemandangan yang tidak akan pernah dilupakan, dan ketika saya mengunjungi tempat ini, ada yang melakukan parasailing. Buat kamu yang suka memacu adrenalin, Pantai Kelingking terkenal dengan keindahan bawah lautnya.

2. Angel's Billabong

Angel's billabong adalah salah satu kolam di antara tebing atau karang dan air yang sangat jernih atau seperti muara sungai yang berakhir di laut. Jika kamu ingin mencoba turun untuk foto atau sekedar berenang di sini, pastikan untuk menunggu air lautnya surut. Namun, harus tetap berhati-hati sebab ombaknya cukup berbahaya saat air laut pasang.

3. Broken Beach

Lokasi Broken Beach tidak jauh dari Angel's billabong. Tempat ini memiliki nama asli Pantai Pasih Uug yang berada di desa Bunga Mekar. Disebut Broken Beach karena ada tebing yang patah menyerupai terowongan, namun jika dilihat dari atas, ini adalah tebing melingkar yang menjorok ke arah laut. Namun, akses pantai di bawah hanya bisa diakses dengan fast boat melalui terowongan tebing yang patah.

4. Crystal Bay Beach

Tempat untuk menikmati sunset, berenang dan snorkelling ataupun scuba diving, best sunset di Nusa Penida yang berada di Desa Sakti. Airnya sangat bening sehingga menjadi salah satu alasan menamai tempat ini Crystal Bay dengan garis pantai mencapai 1 km dengan gugusan bukit hijau dan pohon kelapa yang menyejukan.

Jika berkunjung ke arah barat Pulau Penida, maka pulau ini akan selalu menjadi penutup setelah mengunjungi tempat yang lain. Berenang dan duduk menikmati matahari terbenam ditemani air kelapa segar yang sungguh menyegarkan.

5. Diamond beach

Diamond beach berada di timurnya Pulau Nusa Penida dengan pemandangan tebing-tebing karst indah dengan bentuk meruncing menyerupai permata. Para wisatawan bisa menuruni anak tangga di antara tebing-tebing menuju pantai sekitar 15-30 menit. Melihat indahnya air laut jernih berwarnaa biru kehijauan dengan pasir putih yang halus.

6. Atuh beach

Pantai yang berada di Desa Pejukutan ini tidak jauh dari Diamond Beach, pantai ini memiliki pasir putih dengan bebatuan tebing yang menakjubkan. Jika kamu datang dari arah diamond beach maka untuk sampai kepantainya perlu berjalan menuruni anak tangga dan dari atas kamu juga bisa menikmati pemandangan indah Pantai Atuh.

7. Tree house and Thousand island

Tree house atau rumah pohon molenteng dengan view Thousand Island atau Pulau Seribu yang sangat mengagumkan. Ada 3 rumah pohon di sini dan bisa disewa. Rasakan pengalaman mengagumkan untuk beberapa hari tinggal di rumah pohon ini dan rasakan sensasi yang berbeda tinggal di daerah ini.

Di atas, hanya beberapa tempat yang wajib dikunjungi saat datang ke Pulau Nusa Penida. Tahukah kamu? Masih banyak tempat yang sangat indah, namun masih sangat jarang sekali dikunjungi dan ada beberapa tempat yang masih sulit untuk dicapai karena akses menuju ke sana masih belum ada atau jalannya masih rusak.

Semoga ke depannya bisa menjelajah habis pulau ini karena satu minggu tidak cukup untuk saya berkeliling. Sungguh, ciptaan Tuhan yang tidak bisa hanya dituliskan dengan kata-kata ataupun dilihat dengan indahnya mata. Terima kasih semesta yang sudah mengajarkan arti bersyukur untuk hidup ini.

Tulisan extraordinary traveling ini dibuat dalam rangka mengikuti kompetensi dari Detiktravel untuk perjalanan ke Dubai.

Dubai adalah salah satu tempat yang ada dalam list saya. Banyak tempat yang ingin explore di Dubai. Salah satu tempat yang sangat ingin dikunjungi adalah ikoniknya Kota Dubai yaitu Burj Al Arab dengan pemandangan Pantai Teluk Persia dan Burj Khalifa yang merupakan menara tertinggi didunia dengan mengelilingi Dubai mall dan mengunjungi akuariumnya, serta malam hari dapat melihat Dubai Fountain. Kemudian Jumeirah Beach, Palm Jumeirah, Bastakia Quarter dan pantai-pantai lainnya dan gurun pasir serta tempat lainnya yang sangat ingin saya eksplor lebih.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA