Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 05 Jan 2020 08:22 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Wat Arun yang Selalu Memikat Hati

Nfadils
d'travelers
Foto 1 dari 5
Ciri khas dari Wat Arun adalah adanya berbagai potongan keramik yang menghiasi dinding bangunannya
Ciri khas dari Wat Arun adalah adanya berbagai potongan keramik yang menghiasi dinding bangunannya
detikTravel Community - Banyak kuil-kuil cantik di Thailand. Salah satunya yang patut dikunjungi adalah Wat Arun yang begitu megah dan selalu memikat hati.

Dengan aneka macam keramik khas Tiongkok yang menghiasi dinding bangunannya, Wat Arun merupakan salah satu objek wisata yang harus dikunjungi traveler, khususnya bagi yang baru pertama kali berkunjung ke kota Bangkok, Thailand.

Namun untuk menuju kuil megah yang berlokasi di pinggir sungai Chao Phraya ini, traveler harus menyeberang dengan menggunakan perahu dari dermaga yang tersebar di sepanjang sungai Chao Phraya. Setelah beberapa menit menyeberang, traveler akan tiba di Wat Arun yang begitu megah.

Dengan struktur bangunan yang sebagian besar terbuat dari keramik yang sangat indah dan elegan, pastikan sebelum masuk ke dalam kawasan Wat Arun, traveler menggunakan pakaian yang pantas dan sopan.

Kawasan ini merupakan bangunan peribadatan yang cukup di sakralkan. Yang membedakan Wat Arun dengan kuil lainnya adalah struktur bangunannya yang terpasang aneka keramik cantik khas negeri tirai bambu.

Menurut sejarah, pada jaman dahulu, kerajaan Siam berdagang aneka komoditas dengan Tiongkok, aneka porselen dan keramik digunakan sebagai pemberat maupun kemasan dari komoditas yang diperdagangkan. Daripada terbuang, maka pecahan keramik dimanfaatkan untuk melapisi bangunan Wat Pho yang bisa kita nikmati keindahannya sampai sekarang.

Bangunan utama Wat Arun adalah prang atau candi utamanya yang merupakan menara bergaya Khmer yang dilapisi dengan porselen berwarna-warni yang memiliki ketinggian lebih kurang tujuh puluh meter. Bangunan prang atau candi utama di apit oleh empat prang dengan ukuran yang lebih kecil.

Saat naik ke tingkat dua, kita bisa melihat menemukan relief Kinnorn dan Kinnaree, makhluk mitologi yang merupakan perwujudan manusia setengah burung. Selain itu terdapat ornamen dewa setan dan monyet yang disebut Marn Bak dan Krabi Bak pada bangunan utama Wat Arun.

Sementara pada bagian paling atas bangunan utama, kita bisa menjumpai patung dewa Indra, yang dianggap sebagai pimpinan dari para dewa. Selain berfoto di kawasan Wat Arun, tempat ini menjadi surga belanja, khususnya oleh wisatawan asal Indonesia.

Berbagai souvenir murah, mulai dari kaos, pernak-pernik dan aksesoris khas Thailand dengan harga murah tersedia disini. Bahkan istimewanya, pedagang souvenir di tempat ini cukup fasih berbahasa Indonesia, bahkan mata uang Rupiah diterima di tempat ini.

Jika ingin mengeksplore Wat Arun dengan puas, ada baiknya traveller datang lebih pagi, sebab selain belum terlalu ramai oleh wisatawan yang datang, matahari pun belum terlalu terik, sehingga lebih puas dalam berfoto di tempat ini. Pastikan juga memakai alas kaki yang nyaman ya traveler, sebab ada cukup banyak anak tangga yang harus di naiki di War Arun.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA