Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 27 Agu 2019 10:25 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Agrowisata di Bawen, Ini Tempatnya

Indriyanti
d'travelers
Foto 1 dari 5
Kebun jeruk bali madu
Kebun jeruk bali madu
detikTravel Community - Traveler yang jalan-jalan ke derah Bawen bisa mampir ke Hortimart Agro Center. Di sana traveler bisa agrowisata bareng si buah hati.

Berawal dari niat mencari masjid di daerah Bawen, Ambarawa untuk sholat Jumat, kami jadi melewati beberapa tempat wisata menarik. Salah satunya adalah Hortimart Agro Center ini yang berlokasi di Jl. Gatot Subroto No 55, Bawen-Semarang. Semula saya pikir Hortimart itu toko tanaman saja.

Setelah masuk, baru kami mengetahui kalau tempat dengan luas kurang lebih 27 Ha ini adalah wisata agro untuk tanaman buah-buahan. Anak-anak langsung tertarik untuk melihat kebun buah tersebut. Baiklah, mari kita lihat-lihat sebentar sambil menunggu sholat Jumat.

Untuk melihat-lihat kebun buah di Hortimart, kita harus menaiki mobil keliling yang disediakan oleh pihak Hortimart, dengan harga tiket Rp 15.000 per orang. Satu mobil keliling juga disediakan tour guide, jadi sambil keliling kita akan dijelaskan tentang jenis-jenis pohon buah yang kita lewati dan juga waktu pemanenannya.

Oiya, sebenarnya kalau kita datang pas tepat waktu panen, kita bisa ikutan dan mengambil buahnya sendiri dengan membayar lagi per kg, sesuai dengan buah yang kita ambil. Pas saya dan keluarga datang juga sebenarnya pas banget panen buah jeruk dan bisa ikutan dengan membayar Rp 35.000 per kg. Tapi sayangnya karena mengejar waktu sholat Jumat jadinya batal ikutan deh.

Setengah perjalanan, kami diturunkan di sebuah taman mungil yang cantik. Ada fasilitas toilet dan anak-anak bisa bermain kapal kecil di kolam. Berhubung sedikit antri, kami hanya duduk di taman pinggir kolam sambil melepas penat dan berbincang-bincang. Asyik juga loh, sampai kami lupa kalau kami tidak bisa berlama-lama. Akhirnya setelah mengambil bonus dari Hortimart berupa kangkung dan tomat yang sungguh segar, kami antri lagi menunggu mobil keliling.

Kami sempat mendapat penjelasan dari pemandunya, kalau hampir semua tanaman di Hortimart itu tidak menggunakan pestisida. Kelebihan lain dari Hortimart adalah pengairan kebun buah di sini menggunakan sistem embung, yaitu menampung air hujan. Sehingga saat musim kemarau berlangsung, air tampungan tersebut bisa digunakan untuk pengairan. Efisiensi biaya dan menghemat penggunaan air.

Nah, pohon-pohon buah di sini dikelompokkan berdasarkan jenis dan varietasnya. Memudahkan juga buat kita sebagai pengunjung untuk mengamati berbagai jenis pohon buah dan varietasnya. Hortimart memang didominasi pohon buah, sekitar 90%, sedangkan sisanya baru ditanami sayuran organik.

Horti Tour pun berakhir. Sebenarnya selain Horti Tour juga ada beberapa tempat menarik, seperti: Agro Mart (kita bisa belanja hasil buah dari Hortimart, loh), Agro Supply (menyediakan bibit-bibit unggul untuk tanaman buah dan sayur), dan Agro Resto. Tapi itu tadi, karena dikejar waktu jadinya tidak sempat deh. Perjalanan biasa yang jadi extraordinary, karena memang tadinya tidak direncanakan dan ternyata menyenangkan.

Beidewei, ngomongin taman kecil di Hortimart, jadi berkhayal deh pengin ke taman cantik di Dubai. Jauh ya. Loh, gpp. Berkhayal sekalian yang tinggi, siapa tahu kesampaian ya. Nah, pengin banget bisa mengunjungi Dubai Miracle Garden dan Dubai Butterfly Garden. Dream Destination! Taman cantik yang luas dengan hamparan bunga berwarna-warni yang indah. Pastinya akan jadi perjalanan extraordinary dan kenangan manis yang tak terlupakan.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA