Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 31 Agu 2019 11:30 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Harta Karun Trenggalek, Ada Gua Terpanjang se-ASEAN

Siwi Ragil
d'travelers
Foto 1 dari 5
Pintu masuk Goa Lowo
Pintu masuk Goa Lowo
detikTravel Community -

Salah satu objek wisata yang saya kunjungi adalah Goa Lowo, surga tersembunyi di Trenggalek. Kenapa bisa dibilang demikian?

Trenggalek, ada yang pernah mengunjungi kota tersebut? Merupakan salah satu kabupaten yang ada di Jawa Timur, ternyata Trenggalek memiliki objek wisata yang gak kalah menarik untuk dikunjungi.

Beberapa waktu yang lalu saya sempat mengunjungi Trenggalek, ini kunjungan saya yang pertama ke Trenggalek. Dua hari di Trenggalek rasanya kurang untuk mengeksplor semua keindahan alam yang ada di sana. Lima objek wisata berhasil kami kunjungi dalam dua hari. Di hari pertama saya mengunjungi empat tempat wisata sekaligus dan itu cukup membuat saya terpukau dengan keindahaan alamnya.

Salah satu objek wisata yang saya kunjungi adalah Goa Lowo, surga tersembunyi di Trenggalek. Kenapa saya bilang surga? Karena tempatnya sangat indah, lukisan alam Yang Maha Kuasa. Goa Lowo terletak di Desa Watu Gunung, Kecamatan watu limo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Lokasinya sekitar 30 menit dari Kota Trenggalek, akses menuju ke sini sangatlah mudah dapat menggunakaan transportasi umun maupun pribadi.

Sejarah Goa Lowo

Goa Lowo ditemukan sejak awal tahun 1931 oleh salah satu penduduk Desa Watuagung yaitu Mbah Lomedjo. Pada saat ditemukan Goa Lowo ini masih diselimuti hutan belantara yang masih banyak hewan-hewan buas yang bersembunyi di dalamnya.

Pada tahun1984 mulailah dibuka sebagai destinasi wisata, setelat diteliti oleh Dr. Robert K Kho dan Mr. Gilbert Manthovani asal Prancis serta ditemani oleh sesepuh Goa Lowo yaitu Mbah Kasidi. Dan kenapa goa ini diberi nama Goa Lowo karena pada saat Mbah Lomedjo masuk ke dalam gua dan ternyata ada jutaan kelelawar keluar dari gua. Dalam Bahasa Jawa, lowo itu artinya kelelawar, jadilah gua tu di beri nama Goa Lowo.

Menikmati Indahnya Goa Lowo

Untuk mencapai Goa Lowo kita akan melewati jembatan gantung, lalu kita akan disambut dengan berbagai patung yang memiliki arti tersendiri. Selain itu fasilitas disini pun lengkap ada taman bermain, warung makan, toilet dan musolah. Di kanan kiri jalan menuju gua di tumbuhi pepohonan yang rimbun yang membuat suasana sejuk. Goa Lowo memiliki Panjang keseluruhan sekitar 2 kilometer, tetapi hanya sekitar 900 meter saja yang bisa dinikmati keindahannya.

Keindahan stalaktit dan stalagmitnya yang panjang menjulang membuat mata tak bisa berkedip menatapnya. Kadang terdengar suara decitan kellawar yang hidup di dalam gua hingga menimbulkan bau yang khas. Namun setelah 900 meter perjalanan menikmati keindahan Goa Lowo terhenti karena akses jalan ditutup.

Buat kalian yang senang berwisata ke gua, Goa Lowo ini wajib ada di wishlist perjalanan. Karena selain keindahannya, Goa Lowo juga merupakan gua terpanjang di Asia Tenggara. Kalau aku wish tlist selanjutnya adalah pengen banget traveling ke Dubai, mengunjungi pantai-panyainya yang memiliki keindahan yang eksotis. Doakan segera terwujud ya.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA