Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 03 Sep 2019 11:53 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Ini 3 Air Terjun Cantik dari Bengkulu

Methatias Bardo
d'travelers
Foto 1 dari 5
Air terjun tengah
Air terjun tengah
detikTravel Community - Bengkulu membuktikan kecantikan alamnya lewat 3 air terjun cantik di Desa Batu Roto. Hijau dan segar, air terjun membuat siapa pun melupakan penat.

Desa Batu Roto terletak di Kecamatan Hulu Palik Kabupaten Bengkulu Utara Propinsi Bengkulu. Untuk mencapainya dibutuhkan waktu sekitar 1 jam 30 menit dengan kendaraan bermotor.

Perjalanan menuju air terjun di Desa Batu Roto saya lakukan beberapa waktu lalu bersama rekan-rekan jurnalis, dosen hingga mahasiswa dengan tujuan untuk menjelajah keindahan tiga air terjun di hutan Batu Roto yang masih alami. Hal itu karena keberadaannya belum banyak diketahui orang.

Dari Kota Bengkulu kami menggunakan kendaraan bermotor. Setelah meminta izin kepada perangkat desa setempat selanjutnya kami meninggalkan motor di pos parkir dengan terlebih dahulu memastikan keamanannya. Perjalanan selanjutnya kami lakukan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak yang licin dan menanjak selama lebih kurang 2 jam.

Sepanjang perjalanan kami disuguhi pemandangan alam yang asri dengan semak belukar yang tinggi serta sesekali melewati jalan datar dan aliran sungai kecil. Untuk menjaga agar badan tetap stabil saya menggunakan bantuan sebuah tongkat kayu yang ditemukan di tengah jalan.

Namun yang cukup membuat saya merinding kami harus melewati kawanan drakula kecil yaitu pacet yang menanti untuk menghisap darah kami. Untunglah sebelum perjalan saya sudah mempersiapkan diri dengan memakai sepatu dan menyelipkan daun tembakau kering di dalam kaus kaki agar tidak dipanjati pacet.

Peejalanan yang cukup jauh tersebut tidak terasa melelahkan karena diisi dengan canda tawa sembari menikmati hijaunya dedaunan yang masih asri di kiri kanan jalan yang dilalui.

Setelah hampir sampai di air terjun kami melewati aliran sungai berbatu besar yang cukup deras. Senyum pun merekah setelah mendengar suara air terjun dan melihatnya dari kejauhan. Untuk melewati aliran sungai itu kita harua berhati- hati karena kalau lengah bisa terpeleset dan terluka terkena batu-batu di sungai itu.

Air terjun pertama yang dijumpai yaitu air terjun cincin. Dinamakan seperti itu karena setelah dilihat langsung air terjun tersebut terlindung di dalam cadas yang menyerupai cincin dan terbentuk secara alami. Air terjun ini tingginya sekitar 15 meter dan lebar 6 meter. Untuk mencapainya kita harus menyusuri sungai sejauh sekitar 20 meter.

Saya dibuat terpesona dengan keindahan ciptaan Tuhan ini. Rasanya ingin sekali nyebur merasakan kesejukan airnya namun sayang tidak membawa pakaian ganti.

Dari air terjun cincin perjalanan dilanjutkan ke air terjun tengah karena letaknya ditengah-tengah. Air terjun ini mempunyai ketinggian sekitar 14 meter dan lebar 6 meter. Untuk mencapainya kita harus menyusuri sungai sejauh sekitar 2 meter.

Setelah puas melihat dan mengambil gambar, kami menuju air terjun ketiga yaitu air terjun ujung dengan ketinggian mencapai 20 meter dan lebar 3 meter. Untuk mencapainya kami harus menempuh perjalanan sekitar 100 meter.

Perjalanan menuju tiga air terjun tersebut sangat menakjubkan. Salah satu perjalanan lain yang saya impikan yaitu ke Dubai karena saya sangat terpesona dengan foto maupun berita mengenai perjalanan kesana sehingga saya bermimpi suatu saat bisa ke Dubai dan menjelajah tempat-tempat indah disana yang pastinya akan menjadi perjalanan tak terlupakan seumur hidup.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA