Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 06 Sep 2019 14:39 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Menginap di Tengah Taman Nasional, Seru Banget!

Widiarini
d'travelers
Foto 1 dari 5
Pemandangan dari resort
Pemandangan dari resort
detikTravel Community - Bali punya Taman Nasional Bali Barat yang masih kalah pamor. Padahal, traveler bisa menginap di tengah kawasan konservasi ini. Seru banget!

Bali memang identik dengan Kuta, Nusa dua dan deretan nama lainnya di pusat Bali yang masuk list destinasi favorit, tapi tahukah kamu kalau Bali punya destinasi tidak biasa, eksotis serta wajib dicoba?

Yap, tempatnya di Taman Nasional Bali Barat. Meskipun namanya Taman Nasional, traveler bisa loh menginap di dalamnya. Yuk intip gimana serunya menginap di tengah hutan Taman Nasional!

Taman Nasional Bali Barat atau biasa disingkat TNBB ini terletak diujung barat dari pulau Bali merupakan hutan Sabana yang mempunyai luas lebih dari 70.000 hektar atau sekitar 10% luas daratan seluruh pulau Bali.

Tipe hutan kering dan tandus dengan dominasi warna jingga kecoklatan dan guguran daun menambah cantiknya suasana di Taman Nasional ini. Ratusan lebih spesies hewan dan tumbuhan dilindungi di sini, seperti Banteng, Rusa, Lutung dan hewan endemik Bali yang terancam punah yakni Jalak Bali.

Eksotisme inilah yang membuat wisatawan baik lokal maupun internasional datang ke sini, baik hanya sekedar menikmati alam maupun penelitian, sehingga membuat tempat ini makin popular dimata dunia.

Sayangnya TNBB kurang populer di telinga para wisatawan domestik. Oleh karena itu, untuk mendukung pariwisata Indonesia dan di dorong untuk memenuhi kebutuhan para wisatawan maka dibangunlah akomodasi berupa eco resort, Plataran Menjangan.

Sesuai dengan namanya Eco resort, akomodasi penginapan ini mengedepankan keselarasan dengan alam sekitar, misalnya penggunaan bahan ramah lingkungan, pemilihan area yang tidak menggangu habitat sampai edukasi ke pengunjung buat tidak memberi makan dan mengganggu hewan liar yang melintas di sekitar penginapan.

Eco resort ini bisa memberikan berbagai macam pengalaman berbeda luar biasa yang jarang di dapatkan di resort lainnya seperti ketenangan jiwa dari hiruk pikuk modernisasi daerah, interaksi dengan warga lokal, mengamati hewan liar di taman nasional serta dapat mengunjungi habitat aneka sawat dilindungi.

Oh iya, beberapa hal yang hanya bisa dilakukan di sini adalah tracking ke dalam hutan untuk bertemu Jalak Bali yang merupakan hewan endemik asli Bali dan pengalaman sarapan pagi ala campers di pinggiran hutan mangrove. Seru kan!

Para pengunjung juga bisa menyewa perahu ke Pulau Menjangan yang merupakan pulau dengan pemandangan bawah laut eksotis, sudah terkenal di kalangan mancanegara sebagai salah satu spot diving terbaik di dunia.

Buat pengunjung yang tidak bisa diving jangan khawatir, snorkeling di sekitaran pantai saja atau tracking di area pulau, kalau beruntung bisa bertemu sekawanan Menjangan atau Rusa yang lagi berkegiatan di padang rumput pulau.

Selain Taman Nasional Bali Barat dan Pulau Menjangan yang ada di Indonesia, tentu saja masih banyak tempat eksotis, destinasi yang tidak biasa lainnya di belahan bumi ini, salah satunya Dubai.

Berbagai macam 'sesuatu' di luar nalar bertebaran di Dubai memicu rasa keingintahuan saya sebagai seorang traveler. Mulai dari naik ke lantai paling tinggi Burj Khalifa, jalan-jalan di mall terluas, merasakan pengalaman main di indoor terbesar, mencicipi aneka kuliner spektakuler dan yang paling jadi destinasi utama adalah nonton atraksi air mancur terbesar di dunia! Seru kan?
BERITA TERKAIT
BACA JUGA