Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 08 Sep 2019 09:55 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Begini Rasanya Menjelajahi Gurun Pasir Abu Dhabi

Muslim Ramli
d'travelers
Foto 1 dari 5
Pemandangan secara menyeluruh salah satu lokasi safari padang pasir di Gurun Al-Kharim Abu Dhabi
Pemandangan secara menyeluruh salah satu lokasi safari padang pasir di Gurun Al-Kharim Abu Dhabi
detikTravel Community - Traveling ke Abu Dhabi, wajib menjelajahi gurun pasirnya. Bisa naik mobil, menunggangi unta hingga menyaksikan sunset.

Apa yang kamu bayangkan saat mendengar kata gurun? Gersang, panas, kering, tak ada tanda-tanda kehidupan. Saya pun dulu berpikiran sama karena gurun memang dipenuhi dengan gurun pasir, namun saat ini kita bisa melakukan berbagai aktivitas di gurun pasir, salah satunya adalah Safari Padang Pasir yang tersedia di Abu Dhabi, United Arab Emirates.

Perjalanan menuju Gurun Al-Kharim saya lakukan pada Februari 2019 lalu saat musim dingin dengan suhu rata-rata 14-19 derajat Celcius. Sebelum menuju lokasi gurun pasir dari pusat Kota Abu Dhabi, saya beserta keluarga memesan paket safari seharga 120 dirham per orang melalui situs safari yang tersedia.

Perjalanan dengan mobil memakan waktu sekitar 2 jam dari kota, saya menginap di salah satu apartemen di Mangrove Place Abu Dhabi. Setibanya di Gurun Al-Kharim, pemandangan pertama yang terlihat adalah ratusan gundukan pasir menghampar luas, persis seperti apa yang digambarkan dalam teks buku pelajaran saat saya masih sekolah dulu. Bedanya, saat ini dibangun beberapa titik lokasi safari bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan gurun pasir.

Saya dan keluarga tiba sore hari sekitar jam 4 sore waktu setempat, usai melaksanakan ibadah salat ashar, saya dan keluarga diarahkan untuk menaiki mobil 4x4 untuk merasakan balapan mengarungi gurun pasir selama sekitar 20 menit. Bayangkan berada dalam mobil balap dan merasakan langsung tiap belokan, putaran, bahkan kemiringan hampir 60 derajat melewati gunung pasir. Rasanya seperti naik roller coaster dengan kecepatan tinggi di daratan. Pengalaman pertama yang buat saya tak berhenti menjerit dari awal hingga akhir tur.

Usai uji adrenalin dengan balapan mobil, saya berkesempatan menunggangi unta mengelilingi gurun pasir beberapa puluh meter. Ini juga pengalaman tak terlupakan pertama kali menaiki unta yang tinggi. Walaupun jalannya lambat, naik di atas unta memiliki sensasi tersendiri karena kita tetap harus menjaga keseimbangan agar tidak jatuh.

Usai berfoto dan mengabadikan momen terbenam matahari dari gurun pasir, kami disuguhkan dengan makan malam khas Timur Tengah dengan berbagai menu seperti nasi briyani, daging unta, salad, dan aneka saus dengan rempah yang khas.

Selagi menikmati makan malam, peserta safari disuguhkan dengan pertunjukan belly dance, debus, dan tarian Sufi khas Turki. Usai makan dan menikmati pertujukan, sebagian peserta dapat merasakan menginap di gurun pasir, pengelola menyediakan camp yang langsung dapat ditinggali oleh peserta safari tanpa perlu membawa tenda pribadi. Kebetulan saya dan keluarga tidak memilih opsi menginap di gurun pasir jadi usai pertunjukan selesai, saya langsung kembali menuju apartemen bersama keluarga.

Safari gurun pasir di Abu Dhabi merupakan rangkaian penting jika berwisata di UAE, pengalaman gurun pasir yang tak akan terlupakan apalagi diisi dengan berbagai aktivitas menarik. Biaya pun relatif murah jika dibandingkan dengan satu tiket ke wahana permainan atau hiburan di Abu Dhabi yang rata-rata mencapai 100 dirham per tiket masuk.

Pengalaman menarik di Abu Dhabi, membuat saya ingin mengulang pengalaman menakjubkan lainnya di salah satu Emirates berjarak ratusan kilo meter dari Abu Dhabi, Dubai yang terkenal dengan berbagai destinasi wisata dan landmark yang memukau dunia, sebut saja Burj Khalifa, Dubai Frame, dan Palm Jumeirah yang menjanjikan pemandangan luar biasa ditambah dengan tol bawah laut yang sangat bikin penasaran ingin berkunjung. Dubai juga terkenal dengan tak hanya kemewahan tapi juga sejarah melalui museum dan pengalaman pasar malam kelas dunia, Global Village yang hanya ada di musim dingin, Oktober 2019-April 2020.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA