Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 09 Apr 2020 09:20 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Khon Kaen, Kota yang Ramah Muslim di Thailand

Mila Jayasuwirta
d'travelers
Foto 2 dari 5
Masjid Khon Kaen
Masjid Khon Kaen
detikTravel Community -

Khon Kaen adalah kota di Thailand bagian Timur Laut, udaranya cukup panas, tapi hampir sama dengan Kota Bandung siang hari. Kota ini ramah traveler muslim.

Untuk menuju Khon Kaen dari Bandung harus menempuh perjalanan dan transit yang lumayan lama. Perjalanan dari Bandung dapat transit di Singapura atau Kuala Lumpur. Selanjutnya menuju Bandara Suvarnabhumi atau Don Mueang di Bangkok.

Menuju Khon Kaen dapat memakai transportasi Kereta Api, Bis atau Pesawat dari Bangkok, namun saat itu saya melanjutkan perjalanan dengan memakai pesawat terbang. Khon Kaen memiliki bandara udara yang cukup luas dan bersih, sepanjang jalan, tidak tampak kemacetan dan kehidupan kota sangatlah teratur.

Terdapat berbagai tempat yang menyenangkan untuk dinikmati.  Penduduknya mayoritas beragama Buddha, banyak kuil di Kota Khon Kaen, namun terdapat juga Gereja dan Masjid Raya Khon Kaen.   Saat ingin mengunjungi masjid Raya, saya di temani dan ditunjuki jalan oleh seorang bapak tua yang sangat ramah.

Beliau menegur dengan Bahasa Inggris yang cukup baik saat saya bingung melihat peta sejak jalan dari hotel tempat menginap.  Beliau menawarkan untuk mengantar karena sebenarnya letak masjid sudah sangat dekat. Sepanjang jalan kami yang kami lewati, beliau bercerita tentang keindahan kota.

Phra Mahathat Kaen Nakhon adalah kuil terbesar yang sangat indah. Dari puncak kuil, kita dapat melihat pemandangan yang menakjubkan. Perairan dan dataran yang sangat indah dinikmati terutama sore hari. Dalam kompleks kuil terdapat sekolah, tempat cenderamata dan suasana religi yang sangat kental. Selain itu ada pula kuil yang tidak kalah indah yaitu Wat Pa Chaiyawan dekat Khon Kaen University.

Di pusat kota terdapat Central Plaza yang sangat terkenal dan modern, namun ada juga  Pasar Ton Tann yang merupakan pilihan tepat untuk penikmat kuliner dan wisata belanja dari sore sampai malam. Harga terjangkau dan apabila kita menjelajahi semua kawasan, maka akan mendapatkan oleh-oleh yang menarik dengan harga terjangkau.

Saat saya berkunjung di bulan November bertepatan dengan bulan yang sangat di nanti karena merupakan bulan yang didalamnya terdapat pergantian tahun. Penetapan tahun di Thailand berdasarkan perhitungan tahun pada saat Sang Buddha wafat dan dinamakan Thai Calender.

Festival Loy Krathong diadakan setiap bulan Purnama pada Bulan November setiap tahunnya dan dinanti oleh masyarakat Thailand.  Tidak terkecuali kampus Khon Kaen University mengadakan Festival Loy Krathong dengan sangat meriah.

Setiap fakultas melakukan pawai yang dapat dinikmati oleh seluruh warga sekitar, turis dan para mahasiswa. Saya pergi ke Festival Loy Krathong bersama teman yang merupakan penduduk asli Khon Kaen dan merupakan mahasiswa Khon Kaen University.  Festival sangat meriah, selain parade, terdapat juga wisata kuliner menarik dengan berbagai makanan jajan khas, enak dan juga halal.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA