Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 09 Sep 2019 11:30 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Semarang Punya Dusun Kekinian yang Instagramable

Foto 1 dari 5
Dusun Semilir. Tempat wisata yang berbentuk seperti Candi Borobudur di Semarang.
Dusun Semilir. Tempat wisata yang berbentuk seperti Candi Borobudur di Semarang.
detikTravel Community - Objek wisata baru kekinian terus menggeliat di Semarang. Salah satunya adalah Dusun Semilir yang baru dibuka beberapa bulan lalu.

Candi Borobudur letaknya di Magelang, Jawa Tengah. Namun kamu akan menemukan bangunan menyerupai Candi Borobudur di Semarang. Dusun Semilir namanya. Tempat wisata yang menjadi incaran para milenial ini baru dibuka sekitar tiga bulan yang lalu. 

Sektor pariwisata menjadi salah satu sektor yang berkontribusi terhadap pendapatan daerah. Jadi tidak mengherankan jika setiap daerah berlomba-lomba menghadirkan tempat wisata yang bisa menarik para wisatawan untuk singgah ke daerahnya. Salah satunya tempat wisata yang terletak di kecamatan Bawen kabupaten Semarang ini. Meski terbilang baru, Dusun Semilir telah mencuri perhatian para milenial.

Tidak sulit untuk menemukan tempat ini karena letaknya tepat di pinggir jalan raya Solo-Semarang. Kurang lebih 500 meter dari Terminal Bawen kamu cukup menengok ke sebelah kiri. Bangunan yang mencolok terbuat dari besi berbentuk candi ini tentunya langsung mengalihkan perhatian.

Harga tiket masuknya pada bulan Mei hanya Rp. 5.000,-. Seiring dengan pembangunan yang dijalankan, harga tiket saat ini di hari biasa Rp. 8.000,- dan di akhir pekan Rp. 10.000,-. Pada hari biasa buka dari pukul 09.30 - 21.00 WIB khusus di hari Sabtu dibuka mulai pukul 08.00 WIB dan dibuka mulai pukul 07.00 WIB di hari Minggu. Semua transaksi yang dilakukan di area Dusun Semilir menggunakan kartu deposit. Minimal pengisian Rp.50.000,-. Tidak perlu khawatir jika saldo masih sisa, menuju pintu keluar kamu bisa melakukan refund.

Senada dengan konsep ecopark yang diusung, begitu melewati pintu masuk kamu akan langsung dimanjakan dengan pemandangan pohon dan tanaman hijau yang ditata melingkar di tengah-tengah bangunan utama. Melangkah lebih dalam tepatnya di sebelah kiri, kamu akan menemukan tulisan Warisan Indonesia.

Di area ini kamu bisa menemukan berbagai macam koleksi pernak pernik dan cinderamata dari seluruh daerah di Indonesia. Mulai dari batik, aksesoris, hiasan dinding, tas, kalung, anyaman bambu, bantal, keramik dan hiasan dari kerang juga bisa kamu temukan di sini. Kamu juga bisa berswafoto disini dengan background hiasan-hiasan dinding yang unik. 

Jika sudah puas berfoto dan berbelanja di area Warisan Nusantara maka saatnya untuk memanjakan perut anda dengan wisata kuliner. Pusat kuliner legendaris begitu tagline dari Dusun Semilir. Tempat kuliner yang berada di area terdepan adalah Cemilan Indonesia. Lokasi nya berada berhadap-hadapan dengan area Warisan Nusantara. Di area ini kalian bisa menemukan makanan ringan yang sudah dikemas dari berbagai daerah di Indonesia.

Melangkah ke dalam kamu akan memasuki area Jembatan Senggol. Konsep tradisional sangat terasa di area ini. Lantainya terbuat dari kayu. Atapnya terbuat dari bambu-bambu yang disusun bersilang tampak harmonis dengan lorong yang berkelak-kelok. Lampu-lampu yang digantung diselimuti dengan anyaman bambu melengkapi keunikan area ini. Kedai kecil beratapkan jerami berjejer di kanan dan kiri jembatan. Cimol, cilok, es krim, gulali, klepon, putu dan berbagai macam jajanan khas Indonesia bisa ditemukan di sini.

Belum makan jika belum makan nasi. Tenang saja untuk hidangan yang lebih berat kamu bisa temukan di area Sepoi-Sepoi Food Court. Berada di area yang lebih tertutup Sepoi-Sepoi Food Court menghadirkan kuliner dari seluruh nusantara. Sebut saja nasi jamblang, tahu gimbal, sate ayam, tengkleng, bakso, empal gentong dan masih banyak lagi pilihan menu yang bisa kamu nikmati di area ini.

Sesuai dengan namanya, kamu bisa menikmati hidangan di dalam sebuah kubah-kubah kecil terbuat dari bambu sambil merasakan sejuknya angin sepoi-sepoi yang masuk melewati celah celah bambu.

Masih belum puas berfoto ria kamu bisa memasuki area yang dinamakan Alas Tirta. Cukup dengan biaya Rp. 20.000,- per orang kaamu bisa mendapatkan fasilitas untuk diabadikan gambarnya oleh fotografer yang sudah disiapkan di area ini. Area ini menawarkan beberapa spot foto yang instagramable di antaranya danau buatan yang dihiasi dengan background patung setengah badan, patung burung Flamingo yang bisa dinaiki, kursi layaknya raja dan ratu, air terjun buatan dan jalan setapak yang dihiasi taman di sekelilingnya. Beruntung saya datang di saat hari biasa, karena di akhir pekan untuk berfoto di area ini harus rela mengantre.

Menurut Jeffry, salah satu fotografer di Alas Tirta pengunjung yang datang di akhir pekan sangat ramai. Tidak mengherankan jika ia cukup kewalahan meladeni semua wisatawan yang ada. Masih menurut Jeffry, nantinya Dusun Semilir akan menyediakan lebih banyak spot foto bagi para milenial diantaranya air mancur menari, sungai yang mengalir di tengah kota layaknya di venesia, kebun binatang mini, kampung Eropa dan masih banyak lagi.

Di bulan Desember rencananya area Kampung Eropa sudah bisa dinikmati. Ketika saya tanyakan kapan semua pembangunan di Dusun Semilir akan selesai, ia menjawab mungkin lebih dari setahun lagi. Jadi bagaimana traveler? Tertarik mengunjungi tempat ini sekarang?Atau menunggu bulan Desember? Saya yakin kalian tidak akan rela menunggu sampai tahun depan untuk menikmati one stop destination yang ditawarkan oleh Dusun Semilir.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA