Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 21 Feb 2020 10:50 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Terpukau Danau Mungil Berair Jernih Situ Cicerem Kaduela di Kuningan

Foto 1 dari 4
Menikmati air jernih di SItu Cicerem, di Kuningan, Jabar.
Menikmati air jernih di SItu Cicerem, di Kuningan, Jabar.
detikTravel Community - Situ Cicerem Kaduela di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat menjadi tujuan saya akhir pekan lalu. Danaunya tak terlalu besar, tapi airnya bening banget.

Setelah sepekan menghabiskan waktu di kantor, saya mengajak keluarga untuk ke luar kota. Kali ini, pilihannya ke Situ Cicerem yang ada di Jalan Kaduela Kab. Kuningan, Jawa Barat.

Tempat ini cukup populer serta menjadi rekomendasi beberapa netizen di media sosial sebagai destinasi wisata alam. Lokasinya mudah dijangkau, betul-betul berada di tepi jalan.

Situ Cicerem merupakan danau yang tidak terlalu besar, namun berair bening. Dari kejauhan air itu berwarna hijau tosca. Sungguh, saya ingin langsung berenang rasanya.

Danau ini dikelilingi oleh pohon yang berukuran cukup besar dan memiliki daun yang rimbun. Di dalam danau tersebut, dipelihara berbagai macam ikan warna-warni dan pengunjung dapat memberinya makan dengan hanya membayar Rp 5.000 yang ditukarkan dengan pakan. Pengunjung juga dapat menyewa sepeda bebek kayuhan.

Penglola juga telah menambah spot untuk foto bagi pengunjung. Salah satunya, dua ayunan kayu dengan tali pegangan seperti terbuat dari tambang yang hanya dikaitkan ke ranting pohon besar.

Untuk foto di spot ini, pengunjung harus membayar sebesar Rp 5.000 per orang. KAlau datang sendirian tak perlu khawatir, ada jasa fotograper dengan biaya sebesar Rp 5.000 per orang.

Kemudian, untuk hasil dari fotonya yang tidak dicetak diharuskan membayar Rp 2.000  per foto. Jika Anda tidak ingin menggunakan jasa fotografer pun tidak masalah, yang bisa Anda lakukan adalah berswafoto atau meminta tolong rekan Anda untuk mengambilkan gambar fotonya. Sebenarnya untuk berfoto di spot favorit ini tidak diberi batasan waktu sama sekali, hanya saja terkadang banyak pengunjung yang rela mengantre.

Selain itu, pengunjung bisa berfoto di sudut lain Situ Cicerem yang tidak diwajibkan untuk membayar, yakni di bebatuan pinggir danau. Pengunjung bisa bergaya bebas dan duduk di bebatuan tersebut sambil bermain-main dengan ikan yang lucu.

Untuk menuju ke Situ Cicerem, dibutuhkan waktu sekitar 30-40 menit dari Gedung Perundingan Linggarjati, Kab. Kuningan, Jawa Barat. Akses menuju ke sana terbilang tidak mudah, dikarenakan tidak adanya transportasi umum, sehingga disarankan membawa dan menggunakan kendaraan pribadi.

Jalanan menuju lokasi sudah mulus, walaupun masih terasa hawa di pedesaan, tetapi percayalah pemandangan yang disuguhkan di sekitarnya sangatlah indah dan menyejukkan mata karena masih terlihat dengan jelas hijaunya hamparan sawah. Jadi, yuk kita sempatkan untuk berwisata ke Situ Cicerem!
BERITA TERKAIT
BACA JUGA