Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 11 Sep 2019 10:20 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Pusat Laut di Sulawesi Tengah, Konon Bisa Menyembuhkan Penyakit

Rukly Chahyadi
d'travelers
Foto 1 dari 5
Anak penduduk lokal bermain sambil menunggu leparan koin pengunjung
Anak penduduk lokal bermain sambil menunggu leparan koin pengunjung
detikTravel Community - Ini merupakan fenomena alam yang tak biasa di Donggala, Sulawesi Tengah. Inilah Pusat Laut yang cantik dan konon bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Pusat Laut bagaikan sebuah sumur raksaksa berbentuk kurang lebih berdiameter 10 dan kedalaman kurang lebih 7 meter, dihiasi dengan ukiran dinding batu karang yang alami. Nampak airnya sangat jernih berasa asin karena bersumber dari air laut yang terhubung dari bawah tanah.

Donggala adalah kota tua yang berada di Sulawesi Tengah dan juga merupakan ibu kota provinsi sebelum Kota Palu. Donggala merupakan salah satu jalur perdagangan yang dilewati kapal-kapal barang pada saat itu menyimpan banyak catatan sejarah terdapat pelabuhan tua dengan bangunan tempat penyimpanan barang zaman Belanda.

Selain menjadi kota tua Donggala merupakan sebuah kabupaten yang memiliki banyak sumber daya wisata alam yang cukup menarik salah satunya adalah Pusat laut, yang fenomena sebagi sumur raksasa ajaib.
Menurut cerita masyarakat, ada sebuah lubang besar yang menghubungkan Pusat Laut dengan laut, karena jaraknya yang kurang lebih 500 meter dari bibir pantai.

Air di pusat laut dipercaya masyarakat setempat dapat menyembuhkan penyakit, sehingga banyak pengunjung yang datang sekedar mengambil air untuk di jadikan obat atau berendam di pusat laut. Keindahan alam dan pantainya juga tak kalah menarik, melebihi baluran mitos yang tak lekang oleh waktu dan terus dipercayai sebagai bumbu pemanis sebagai daya tarik bagi wisatawan yang penasaran.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA