Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 20 Sep 2019 17:40 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Kamu Pasti Setuju, Ini Salah Satu Danau Tercantik di Indonesia

Foto 1 dari 5
Keindahan danau Kaolin dilihat secara langsung. Indah banget!
Keindahan danau Kaolin dilihat secara langsung. Indah banget!
detikTravel Community - Berwarna biru toska nan indah, inilah Danau Kaolin di Belitung. Pernah jadi bekas tambang, kini Danau Kaolin jadi primadona wisata.

Perjalanan ini saya lakukan seorang diri karena sudah sangat penasaran akan keindahan danau Kaolin. Sebelum menuju danau Kaolin tidak lupa saya menyempatkan diri sarapan dengan kuliner khas sini, mie koba.

Selesai sarapan saya menuju Danau Kaolin dengan mengendarai motor sewaan. Tempat ini memakan waktu sekitar 2 jam perjalanan dari pusat kota.

Untungnya jalanan sudah sangat baik dan papan penunjuk arah sudah jelas. Jadi enggak mungkin nyasar untuk menuju ke danau ini. Sebenarnya ada bis yang melewati jalan menuju danau Kaolin,namun jadwalnya tidak pasti. Maka saya memilih menyewa motor untuk hemat waktu.

Danau Kaolin sendiri adalah bekas tambang Kaolin (clay) yang merupakan sumber daya alam yang banyak ditemukan di Bangka. Kaolin adalah salah satu mineral yang memiliki banyak manfaat. Bisa digunakan dalam industri kosmetik, kertas, makanan dan lainnya.

Kini bekas tambang kaolin ini menjadi pesona karena menyajikan warna putih Kaolin yang bak salju dari kejauhan. Ditambah kumpulan air hujan yang membentuk danau buatan yang terlihat biru dan hijau karena pantulan cahaya matahari ke dasar danau yang terlapisi tanah Kaolin.

Tidak dipungut biaya untuk dapat menikmati keindahan warna biru dan hijau dari air danau ini. Bahkan di beberapa titik sudah dibangun spot untuk ajang swafoto atau foto bersama.

Sejauh yang saya lihat tempat ini cukup terawat dan dikemas dengan sangat cantik. Maka tidak heran, bekas tambang ini dijadikan tempat wisata yang diminati baik bagi wisatawan lokal ataupun wisatawan luar kota.

Luas danau ini cukup besar. Jadi pengunjung tidak perlu takut fotonya bocor oleh pengunjung lain.

Namun yang harus diperhatikan karena sisi danau terdiri dari kaolin yang bersifat lunak, maka pengunjung harus selalu berhati-hati dalam mengambil pijakan langkah kaki untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Ketika sudah letih mengelilingi danau yang cukup luas ini pengunjung bisa duduk sejenak di warung untuk sekedar melepas dahaga atau sekalian makan siang.

Demikianlah perjalanan saya menikmati kecantikan danau Kaolin yang memang tidak hanya bagus di foto tapi juga bagus dilihat secara langsung. Jadi kapan traveler mau menyaksikan keindahan Ikon kota Bangka ini secara langsung?
BERITA TERKAIT
BACA JUGA