Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 05 Okt 2019 09:31 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Tansi Ampek, Air Terjun Perawan dari Sumbar

arief kas
d'travelers
Foto 1 dari 5
detikTravel Community - Inilah Air terjun Tansi Tampek di Sumatera Barat. Masih perawan dan asri, air terjun ini bisa jadi pilihan untuk lepaskan penat sepekan.

Berada di kota Padang Aro, ibukota Kabupaten Solok Selatan merupakan sebuah berkah tersendiri. Waktu seakan berhenti dikota kecil ini, perbukitan dengan hutan belantara dan kabut tipis serta berhawa sejuk ini memang tiada duanya.

Kota ini di kelilingi oleh sungai dan lembah, sungainya pun banyak mulai dari hulu yang kecil hingga ke hilir yang semakin melebar. Kebanyakan sungai berhulu dikaki gunung Kerinci yang berdiri dengan gagah perkasa. Sehingga tidak heran dijuluki sebagai nagari seribu sungai.

Air terjun Tansi Ampek menyajikan pemandangan yang indah mengingat alam di sekitarnya masih alami dan perawan. Air terjun ini memiliki debet air yang stabil serta memiliki kolam dengan kedalaman airnya yang cukup untuk para pengunjung berenang di sana.

Untuk sampai di objek wisata yang berjarak sekitar 8 kilometer dari pusat ibukota Solok Selatan, Padang Aro, pengunjung akan melewati kawasan perkebunan teh PT Mitra Kerinci sepanjang 3 kilometer yang berlatar tinggi menjulang Gunung Kerinci.

Hamparan perkebunan teh dengan hawa dingin serta udara sejuk mampu menghilangkan penat pengunjung setelah berkendaraan melewati perjalanan panjang. Diperlukan kendaraan mobil 4x4 agar bisa menanjak dengan jalanan berbatu serta motor yang handal, jangan motor matic yang dipastikan akan gagal untuk mencapai puncak.

Waktu terbaik untuk mengunjungi air terjun ini adalah disaat musim kemarau saat ini, karena debit air bisa tiba-tiba meninggi dan menjadi air bah yang berbahaya bagi pengunjung dikala musim hujan. Tetapi karena didaerah pegunungan Kerinci, gerimis kecil sering turun walaupun disaat musim kemarau seperti dibulan September 2019.

Ada banyak air terjun dikota Padang Aro ini, sedikitnya terdapat 5 buah air terjun baik yang kecil maupun yang besar. Tetapi yang terbesar yaitu air terjun tangsi ampek, yang terdiri dari dua tingkat.

Tingkat pertama memiliki ketinggian 15 meter dan tingkat kedua dengan tinggi 10 meter yang berjarak 5 meter dari air terjun tingkat pertama. Bahkan ditahun 2009, menurut catatan ada 4 orang atlet kayak internasional dari Afrika Selatan meluncur dengan kayak dari ketinggian 16 meter dalam rangka mengikuti kegiatan survei dan eksebisi kayak arus deras di Solok Selatan.

Wilayah yang dikenal sebagai Nagari Seribu Sungai itu memiliki sungai-sungai dengan kualitas kelas dunia untuk menjadi destinasi wisata kayak arus deras (Whitewater Kayaking).

Tapi sayang "bungkusan" obyek wisata dikota ini masih seadanya saja dan lebih mengandalkan orang lokal sebagai guide. Tidak ada penanda obyek wisata dan jalan menuju ke obyek wisata pun belum ditata rapi.

Padahal potensinya sangat luar biasa. Kembali ke air terjun tangsi ampek, jalan setapak menuju ke lokasi air terjun ini agak sedikit tertata dan yang masih kurang mengenai safety untuk para pengunjung.

Yang patut diingat ketika hujan deras turun sebelumnya, para pengunjung dilarang untuk turun kedalam aitr terjun, karena dikhawatirkan terjadi air bah yang bisa datang tiba-tiba. Air yang segar dan keadaan sekitar yang masih alami ditambah dengan kebun teh yang maha luas, dipastikan rasa lelah pasti sirna.

Air dingin air terjun yang sangat sejuk patut untuk dinikmati dan bagi yang tidak bisa berenang, harap hati-hati. Beberapa batuan agak licin karena lumut sehingga sendal kaki atau sepatu patut dibuka.

Berada dibawah terpaan air terjun sangatlah berguna bagi tubuh, karena di air terjun banyak sekali ion positive yang berguna bagi kesehatan tubuh.

Setelah selesai menikmati air terjun selama 1 jam, kami kembali keatas dan berganti baju. Hawa dingin segera menerpa, gerimis tipis kembali membasahi bumi. Jangan lupa buanglah sampah ditempatnya! Walau obyek wisata ini gratis, bukan berarti bisa seenaknya saja dan tidak menjaga bumi dari sampah.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA