Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 29 Sep 2019 17:25 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Bukit Holbug, Menikmati Keindahan Toba dari Ketinggian

Foto 1 dari 5
Keindahan danau Toba dinikmati dari bukit Holbung.
Keindahan danau Toba dinikmati dari bukit Holbung.
detikTravel Community - Siapa tidak tahu danau Toba? Danau tawar terbesar se-Asia Tenggara ini selalu memiliki magnet tersendiri bagi para wisatawan. Saking besarnya danau ini, banyak spot menarik untuk menikmati keindahannya, salah satunya adalah Bukit Holbung.

Bukit Holbung berada di Desa Tele. Ada dua rute untuk menuju tempat ini. Pertama dari Medan langsung ke Tele melewati Kabanjahe. Rute lainnya adalah melalui Siantar melewati Parapat lalu Samosir. Saya sendiri memilih rute kedua dengan titik awal dari Desa Tomok di Pulau Samosir. Dari desa Tomok menuju Bukit Holbung memerlukan waktu sekitar 2 jam dengan view indah sepanjang jalan.

Begitu tiba di lokasi, maka kita cukup membayar retribusi sebesar lima ribu rupiah. Selain itu jangan lupa siapkan bekal cemilan dan minuman karena belum ada warung yang berjualan di sini. Mungkin karena lokasinya yang masih sangat terpencil, tapi tenang sudah ada toilet tersedia.

Dari loket menuju bukit Holbung cukup mendaki selama 15 menit. Tidak lama kemudian kita sudah bisa menyaksikan keindahan Bukit Holbung dengan latar belakang Danau Toba. Bisa dibilang bukit Holbung adalah 'Bukit Padar' nya Sumatera Utara. Ada banyak bukit yang dipenuhi padang rumput dan ilalang. Warna ilalangnya pun mengikuti musim. Berwarna hijau ketika musim hujan dan berwarna kecoklatan ketika musim kemarau.

Bukit Holbung memiliki area yang cukup luas. Jadi pastikan fisik yang baik untuk menjelajahi keseluruhan area Bukit Holbung. Selain itu anginnya cukup kenyang. Mungkin karena saya datang sore hari, jadi angin bertiup sangat kencang. Maka saran saya, sebaiknya traveler bawa jaket yang cukup menahan terpaan angin.

Bagi yang mau menerbangkan drone, harus lihat kondisi angin juga. Mungkin kalau masih pagi atau siang angin tidak sekencang sore hari. Jadi aman untuk menerbangkan drone.

Selain itu, jika traveler mau setelah mendapat izin dari penjaga setempat, maka diperbolehkan untuk bermalam dengan tenda. Asal perhatikan tempat yang tidak terlalu terbuka ya, karena takutnya dome akan terbawa angin kencang.

Keindahan Bukit Holbung memang sangat bagus dilihat ketika menjelang matahari terbenam, sayangnya saat ke sini cuaca cukup mendung bahkan tidak lama kemudian turun hujan. Namun, saya sangat bersyukur sudah bisa melihat langsung keindahan danau Toba dari Bukit Holbung.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA