Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 15 Jan 2020 15:55 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Kabur Sejenak ke Pulau Harapan

Widiarini
d'travelers
Foto 1 dari 5
dermaga di Pulau Harapan
dermaga di Pulau Harapan
detikTravel Community -

Punya waktu singkat untuk liburan di ibukota? Bisa banget. Pulau Harapan di Kepulauan Seribu tempatnya. Traveler bisa melepas penat di pulau cantik ini.

Pulau Harapan merupakan pulau berpenghuni yang terdapat di gugusan Kepulauan Seribu. Pulau padat penduduk ini menjadi tempat tinggal bagi 2000 jiwa lebih penduduknya. Pulau ini selain difungsikan sebagai tempat tinggal juga difungsikan sebagai pulau rekreasi.

Asal mula nama pulau ini konon berasal dari penduduk batavia yang melarikan diri dari penjajahan Belanda. Saat itu pulau ini tak berpenghuni dan penuh semak belukar. Di sinilah mereka berharap bisa memulai hidup baru dan lepas dari cengkraman penjajahan Belanda. Hingga saat inilah pulau ini disebut Pulau Harapan.

Untuk mencapai ke Pulau Harapan dibutuhkan waktu kurang lebih 3 jam menggunakan perahu bermotor dari pelabuhan Kali Adem, Jakarta. Tiba di Pulau Harapan dermaga yang cukup besar siap menyambut para pelancong dari Jakarta yang ingin berlibur.

Aneka jajanan menggoda selera berjajar rapi dijajakan di sepanjang dermaga. Sebut saja Rujak bebek, es rumput laut, es putar, cilor, kepiting goreng, bakso, tahu aci dan masih banyak lainnya.

Harganya yang cukup murah di kisaran 1000 - 10.000 rupiah membuat pembeli memberondong dagangan mereka dan ditambah lagi biasanya kebanyakan kapal tiba menjelang jam makan siang, sekitar jam sebelas siang.

Menuju ke gerbang desa disana kami harus berjalan kurang lebih lima menit dari tempat turun kapal. Kanan kirinya perahu bersandar dan belasan anak kecil berenang di sekitarnya. Mereka memanggil-manggil para pengunjung yang lewat untuk melemparkan uang koin ke dalam laut dan mereka akan menyelam untuk mengambil uang koin.

Setelah dapat mereka pun akan tertawa riang seperti mendapatkan harta karun. Jangan lupa siapkan sedikit uang koin yah untuk membuat mereka senang ya. Gerbang desa Pulau Harapan berbentuk gapura warna-warni instagramable dan disampingnya ada taman kecil yang biasanya digunakan pengunjung sebagai meeting point atau tempat berkumpul sore menunggu sunset di dermaga.

Di Pulau harapan banyak homestay yang memang di kelola penduduk setempat. Selain itu fasilitas disini juga sudah cukup lengkap seperti ATM, tourist information centre, warung kelontong dan masih banyak lainnya.

Pengunjung yang datang kesini kebanyakan sudah booking agent travel perjalanan atau open trip tapi jangan khawatir buat pengunjung yang belum ada kegiatan bisa dibantu tour guide lokal atau ke tourist information center, mulai dari sewa perahu, sewa homestay hingga mengatur perjalanan selama di Pulau Harapan.

Selain bisa keliling Pulau Harapan kegiatan lain yang bisa dilakukan adalah island hopping ke beberapa pulau tak berpenghuni seperti Pulau Dolphin dan Pulau Perak, snorkeling di dekat pulau Perak dan Pulau Macan Besar, wisata sejarah ke Pulau Bulat, melihat penangkaran penyu dan konservasi mangrove di Pulau Kelapa Dua, mengejar sunset dan masih banyak lainnya.

Oh iya jangan lupa untuk kegiatan malamnya yakni bakar ikan!. Seru loh di pinggir dermaga sambil menikmati semilir angin pantai ditambah dengan ikan bakar.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA