Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 30 Apr 2020 09:55 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Estimasi Biaya Pendakian Gunung Semeru & Bromo dari Bandung

Azmi Fadillah
d'travelers
Foto 1 dari 5
Menuju Cemoro Kandang ditengah-tengah padang sabana Oro-oro Ombo
Menuju Cemoro Kandang ditengah-tengah padang sabana Oro-oro Ombo
detikTravel Community - Berapa biaya yang Anda keluarkan untuk mendaki Gunung Semeru? Inilah estimasinya saat perjalanan dilakukan tahun 2019.
Tanggal 17 September 2019 perjalanan dimulai dari Stasiun Bandung menggunakan KA Kahuripan yang berangkat pukul 16.00 dan total perjalanan selama 16 jam dengan biaya Rp 260 ribu. Kami tiba di Stasiun Malang sekitar pukul 07.30.
Total anggota pendakian kami sejumlah tujuh orang. Kami lalu sewa angkot menuju Desa Tumpang dengan biaya Rp 130 ribu dan per orang cuma membayar Rp 18.000 dan bisa lebih murah karena angkot bisa mengangkut 10 orang.
Perjalanan ke Tumpang ditempuh selama satu jam. Kamu bisa melengkapi logistik di Pasar Tumpang dan cukup bilang ke sopirnya untuk berhenti dan minta untuk menunggu.
Sampai di basecamp jip dan kami bertemu rombongan dari Yogyakarta. Kami sewa dua jip seharga Rp 1,4 juta PP karena tak bisa ditawar lagi. Perjalanan dua jam dari Tumpang ke Ranupani.
Jika butuh surat keterangan kesehatan, bilang saja ke sopir jip dan minta diantar ke klinik terdekat. Tiap pendaki membutuhkannya dan minimal harus ada di H-1 pendakian.
Tarif mendaki Gunung Semeru di hari biasa sebesar Rp 17.500 dan Rp 22.500 di akhir pekan. Untuk pendaki mancanegara harus membayar Rp 210 ribu di hari biasa dan Rp 310 ribu di akhir pekan.
Total, kami harus membayar Rp 80.000 per orang. Karena, kami akan mendaki selama empat hari, dua hari di hari biasa dan dua hari di akhir pekan.
Karena tak bisa ke puncak Mahameru, kami memutuskan untuk mengeksplor Gunung Bromo. Jadi, ada tambahan biaya sewa jip yakni sebesar Rp 450 ribu.
Harga per jip pun bertambah menjadi Rp 1,95 juta per mobil. Pulang ke basecamp kami harus membayar sewa menginap sebesar Rp 20.000.
Lalu kami naik angkot ke Stasiun Malang dengan biaya Rp 130.000. Kami pulang ke Bandung menggunakan KA Mutiara dengan tiket seharga RP 330.000 karena sudah tak ada lagi kereta lainnya.
Jadi, total biaya mendaki Gunung Semeru dari Bandung sebesar Rp 1,015 juta. Perlu dicatat bahwa harga bisa berubah dan tergantung kecakapan menawar masing-masing.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA