Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 11 Feb 2020 16:39 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Panduan Lengkap Backpackeran 2 Hari 1 Malam ke Yogya

Monik Mulya
d'travelers
Foto 1 dari 5
Tamansari, Yogyakarta
Tamansari, Yogyakarta
detikTravel Community - Siapa yang tidak tahu Kota Gudeg? Liburan ke sini ala backpacker pasti seru banget. Berikut panduan lengkapnya. Dibaca ya!

Yogya kaya akan Wisata kulinernya. Gudeg sudah tidak asing di telinga kalian bukan? Gudeg adalah makanan khas kota ini. Sangat banyak sekali daya tarik dari mulai tempat wisata hingga wisata kuliner di Yogyakarta.

Kali ini saya akan bahas tentang berbagai destinasi wisata yang cocok untuk dieksplor ala backpacker/traveler pemula, serta estimasi bujet dan waktu.

Ketika akan melakukan perjalanan berlibur memang banyak yang harus dipikirkan, kita harus ada planning namun jika terlalu banyak mikir pasti bakal engga jadi-jadi.

Modal Backpacker/Solo Travelling yaitu Berani/Nekad dan wawasan. Wawasan di sini ialah sebelum kita eksplore suatu kota kita harus kenali dulu kotanya terlebih dahulu. Contohnya geografis dan akses transportasi yang mudah di kota tersebut.

ESTIMASI BUDGET/BIAYA

Aturlah bujet seminim mungkin. Liburan nggak perlu mahal kok. Kemarin saya Eksplore Kota Yogyakarta engga sampai Rp 700 ribu dalam waktu 2D1N.

Budgeting penting sekali untuk saya mahasiswi yang sambil bekerja. Keberangkatan saya dari Kota Bandung menuju Jogja. Saya memilih transportasi Kereta Api untuk menuju Kota Jogja.

Butuh waktu kurang lebih 8 Jam untuk sampai ke kota tersebut. Stasiun Keberangkatan dari Stasiun Kiara Condong (Bandung) dan Perhentian Kereta berakhir di Stasiun Lempuyangan (Jogja)

TARIF TIKET KERETA API

Ekonomi: Rp 86.000/org
Eksekutif: Rp 260.000/org

Nb : Jika memilih Kereta Kelas Eksekutif /Bisnis perhentian Kereta ialah di Stasiun besar Tugu (Jogja) tidak jauh dari Malioboro dan Stasiun Lempuyangan.

Saya sendiri memilih Kereta Ekonomi karena untuk fasilitas Ekonomi tentu lebih murah dan sekarang tidak jauh fasilitasnya jika disandingkan dengan Kereta Kelas Eksekutif. Worth it!

ESTIMASI WAKTU


Jarak tempuh untuk Bandung-Yogyakarta 8 jam. Kala itu saya berangkat dari Kota Bandung pukul 18.15 dan tiba di Kota Jogja pada pukul 02.40 masih sangat pagi sekali bukan?

Waktu untuk menunggu pagi juga sangat lumayan panjang. Karena saya di Jogja menyewa rental motor dan start penjemputan kendaraan yaitu pada Pukul 07.00 pagi.

Sambil menunggu pagi kala itu oleh teman saya dianjurkan untuk pergi ke alun-alun kidul. Atau ke daerah Malioboro karena banyak angkringan 24 jam di sana. Angkringan Kopi Aranglah yang saya jadikan tempat untuk menunggu waktu pagi. Kopi arang: Rp. 4.000/ gelas.

Jika berlibur, yang harus dipikirkan tidak hanya transportasi dan Destinasi Tempat Wisata nya saja bukan? Yaaa Penginapan sangat WAJIB di list paling awal

Jika Anda Backpacker, mungkin lebih nyaman menginap di hostel ketimbang hotel. Dari segi harga lebih murah Hostel. Untuk traveler yang ingin berlibur ke Yogya sangat banyak sekali hostel di sekitar Jl Malioboro yang menawarkan harga miring/murah sekali.

Dengan rate harga Rp 100 ribu per malam pun sudah bisa menginap di Yogya. Namun saat kemarin kebetulan saya tidak jadi memilih menginap di daerah Jl Malioboro.

Saya menginap di Oase Hostel Dormitory Mergangsan, Daerah Komplek timuran Yogyakarta. Tidak jauh dari Kawasan Malioboro. Harga kamarnya Rp 90.000 (2D1N)

Namun saya mendapatkan Promo menjadi Rp 64.000. Murah sekali bukan? Kalau punya bujet pas-pas an bukan akhir dari segalanya kok! Karena jaman NOW banyak sekali promo-promo yang banyak banting harga discount hingga 50-80%

Jika list Penginapan sudah ada, kita tentukan destinasi tempat wisata dan estimasi waktu yang jelas.

Hari ke-1

Start jam 07.00

Jam 07.00 - 09.00: Pantai Gesing, Wonosari
Jam 09.00 - 12.00: Tamansari
Jam 12.00 - 15.00: Candi Prambanan
15.30: perjalanan kembali ke lokasi hostel.

Hari ke-2

Start jam 12.00 (Check out hostel)

Jam 12.00- 15.00: Batik Processing
Jam 15.00-17.30: Jl Malioboro
Jam 18.00 sudah di Stasiun Lempuyangan.

DESTINASI TEMPAT WISATA EKSPLORE JOGJA 2D1N

1. Pantai Gesing
2. Tamansari
3. Candi Prambanan
4. Batik Processing

Dengan waktu 2 hari, sebenarnya nggak cukup untuk eksplor Yogyakarta. Tapi jika kepenatan pekerjaan sudah muncul, maka modal nekad saja dan planning yang jelas.

Total Bujet


- Tiket PP 86.000 *2: Rp 172.000
- Menginap di Hostel 2D1N: Rp 64.000
- Sewa Motor & Driver 10 Jam: Rp 275.000
- Total: Rp 500.000-an
 
Tiket Masuk Wisata

- Pantai Gesing: Rp 5.000/Org
- Teras Kaca: Rp 20.000/Org
- Tamansari: Rp 5.000/Org
- Candi Prambanan: Rp 50.000/Org
- Batik Processing: Rp 17.000/Org

Semoga bermanfaat!
BERITA TERKAIT
BACA JUGA