Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 09 Nov 2019 10:12 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Sumedang Punya Curug Kembar yang Cantik

Asep Sofian
d'travelers
Foto 1 dari 5
Curug Pertama
Curug Pertama
detikTravel Community - Jalan-jalan ke Sumedang, kamu harus ke Curug Jatma. Lihatlah dua air terjun kembar yang bikin enggan pulang ini.

Merupakan Curug kembar yang berada di ujung kota Sumedang. Tepatnya berada sekitar 40 KM dari kota Sumedang dan berada di perbatasan yang memisahkan Desa Sukajadi dan Desa Cilengkrang Kecamatan Wado. Hingga kini curug Candung masih belum dikelola secara serius dan masih merupakan salah satu curug alami di kota Sumedang.

Kali ini saya bersama Komunitas Outdoor Canvas Sumedang mencoba mengunjungi curug Candung tersebut. Berbekal informasi dari warga sebelumnya, kami pun berangkat sejak pagi hari, dimana kita akan berkumpul di rumah salah satu member Canvas Sumedang.

Mang Chil, yang merupakan penunjuk jalan dan juga admin Canvas Sumedang, mengatakan, Banyak traveler yang terkadang sering nyasar ketika menuju lokas dikarenakan minimnya petunjuk jalan setapak yang dibuat warga setempat. Karena tertutup oleh rumput dan pepohonan.

Tak lama setelah berbincang , kami pun bergegas melanjutkan perjalanan dengan kendaraan rodadua hingga sampai ke perkampungan warga Dusun Pasirhurip. Setelah menitipkan kendaraan dirumah warga sekitar. kami pun melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menuju lokasi yang jaraknya sekitar 1 km menuju curug.   

Menelusuri perkebunan warga , kami diarahkan untuk mengikuti aliran solokan air, kemudian menjangkau sawah warga, dan turun mengikuti jalan setapak untuk sampai ke lokasi. Teman teman jika ingin berkunjung disarankan memakai pakaian serba panjang dan sepatu ya, karena banyaknya pohon-pohon duri di perjalanan.

Mang chil mengatakan selama di lokasi kita harus bisa menjaga ucapan dan prilaku, untuk terhindar dari kejadian yang tidak kita inginkan. Ya, namanya tempat yang jarang dijamah mah, masih banyak pantangannya.

Semua lelah perjalanan kita akan terbayar kita sampai di lokasi. Curug yang begitu indah yang memiliki ketinggian hampir 30 dan 40 meter. Memiliki dua bagian curug yang jaraknya saling berdekatan. Curug yang pertama tempatnya lebih mudah di akses. Namun Curug kedua yang alirannya lebih besar dan lebih tinggi, agak susah di jangkau.

Kita harus mempersiapkan tali alat bantu untuk bias melewati tebing curam hingga sampai menuju curug kedua yang tak kalah indahnya.   

Puas berlama lama menikmati keindahan kedua curug di lokasi, menjelang siang kami pun bergegas kembali pulang. Ditakutkan keburu hujan karena cuaca sedikit agak mendung. Tak lupa kami sambil membawa kembali bekas wadah makanan yang kami nikmati dilokasi.

Anda tertarik untuk berkunjung ?
BERITA TERKAIT
BACA JUGA